Tak Ada Hukuman untuk Lorenzo Usai MotoGP Catalunya 2019

CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 08:16 WIB
Tak Ada Hukuman untuk Lorenzo Usai MotoGP Catalunya 2019 Jorge Lorenzo menjadi sorotan setelah menyebabkan tiga pebalap gagal finis. (LLUIS GENE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP memastikan tidak ada hukuman untuk Jorge Lorenzo usai insiden MotoGP Catalunya 2019 yang menyebabkan Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi gagal finis.

Lorenzo mendapat sorotan usai MotoGP Catalunya 2019. Aksi yang dilakukan juara dunia tiga kali MotoGP itu pada tikungan ke-10 berujung pada kecelakaan yang melibatkan tiga pebalap top MotoGP.

Kejadian tersebut tentu tak lepas dari pengamatan FIM Stewards yang dipimpin mantan juara dunia kelas 500cc Freddie Spencer. Seperti dikutip dari Autosport, pihak yang memiliki wewenang untuk menghukum pebalap itu memutuskan tidak akan melanjutkan kasus tersebut.
Dalam penyelenggaraan MotoGP, Stewards kini memiliki peran sebagai penghukum dan menganalisis balapan termasuk perilaku pembalap yang pantas mendapat sanksi.
Tak Ada Hukuman untuk Lorenzo Usai MotoGP Catalunya 2019Situasi balapan di lap awal MotoGP Catalunya 2019. (REUTERS/Albert Gea)
Sedangkan Race Direction tidak lagi menjalani fungsi sebagai pemberi hukuman karena dianggap sudah terlalu sibuk dalam mengelola balapan.

Sebelumnya Vinales dan Dovizioso, yang menjadi korban dari Lorenzo, berharap pebalap Repsol Honda itu mendapat hukuman. Start dari posisi paling belakang di MotoGP Belanda yang akan berlangsung 30 Juni menjadi sanksi opsi yang dicetuskan Vinales.
Tak Ada Hukuman untuk Lorenzo Usai MotoGP Catalunya 2019
Pebalap Yamaha itu menilai Lorenzo layak dihukum lantaran tindak tanduk yang dilakukan kompatriotnya di MotoGP Catalunya turut memengaruhi perburuan gelar juara yang melibatkan Dovizioso dan Marc Marquez.
Selain dukungan dari Vinales dan Dovizioso kepada pihak MotoGP untuk menghukum Lorenzo, ada pula Marquez dan Cal Crutchlow yang menilai Lorenzo tidak pantas diberi penalti lantaran terjatuh dan mengakibatkan pebalap lain ikut celaka.

Lorenzo mengutarakan telah meminta maaf kepada Vinales, Dovizioso, dan Rossi setelah kejadian dan mengaku bersalah.


(nva/nva)