Kalah Nyaleg, Chris John Ingin Maju Lagi di Pileg 2024

CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 17:51 WIB
Kalah Nyaleg, Chris John Ingin Maju Lagi di Pileg 2024 Chris John gagal nyaleg di Pileg 2019. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda tinju Indonesia, Chris John gagal dalam pemilihan anggota DPR RI Dapil Jawa Tengah XI mewakili Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada Pemilihan Legislatif di Pemilu 2019.

Gagal lolos, petinju profesional asal Semarang itu mengaku tak kecewa. Meskipun salah satu cita-citanya maju menjadi Caleg (Calon Legislatif) adalah supaya memberikan kemudahan dalam membangkitkan tinju profesional Indonesia juga ikut terkubur.

"Saya tidak lolos [Caleg]. Kalau lolos gampang, bisa memudahkan langkah mewujudkan cita-cita. Tapi kan tidak lolos."


"Saya kira belum jalan saya saja [jadi wakil rakyat]. Awalnya mungkin melalui dewan saya bisa lebih banyak bersuara [soal tinju profesional] dan mungkin ada kemampuan berbuat lebih dan ternyata belum bisa," ucap Chris John kepada CNNIndonesia.com, Senin (17/6).

Chris John maju menjadi Caleg untuk Partai Nasdem. (Chris John maju menjadi Caleg untuk Partai Nasdem. (Foto: Facebook/Chris John)
Petinju yang September mendatang genap 40 tahun itu masih membuka kemungkinan untuk kembali maju di pemilihan legislatif lima tahun mendatang. Kegagalan saat ini dijadikannya sebagai pengalaman berharga.

"[Ke depannya] kalau ada yang dukung mungkin saja [maju lagi jadi Caleg], asal tidak keluar uang sendiri, repot. Kalau nanti ada yang dukung dan serius, kenapa enggak?" terangnya.

Chris John yang berhasil jadi juara dunia kelas bulu WBA dalam lebih dari satu dekade itu mengatakan masih bisa melanjutkan cita-citanya melalui Chris John Indonesia sebagai wadah promotor tinju profesional serta yayasan miliknya, Chris John Foundation.

Gagal Nyaleg, Chris John Ingin Maju Lagi di 2024
"Saya yakin di luar banyak yang peduli dengan dunia tinju profesional Indonesia. Pasti susah, tapi kebetulan saya punya tim yang cukup oke dan saya yakin tim saya bisa membantu saya dalam mewujudkan apa yang saya cita-citakan," ujar Chris John menambahkan.

Yayasan serta promotor tinju milik Chris John dibuatnya sekitar tiga tahun lalu. Tepatnya setelah ia memutuskan untuk pensiun dari tinju profesional pada Desember 2013 silam.

Selama berkarier di dunia tinju profesional, Chris John sudah naik ring sebanyak 52 kali. Sebanyak 48 kali ia raih kemenangan dengan 22 di antaranya didapatkan melalui kemenangan K.O, sekali kalah dan tiga kali hasil imbang. (TTF/bac)