Rossi: Tikungan 10 MotoGP Catalunya Mirip Parkiran Mal

CNN Indonesia | Selasa, 18/06/2019 05:20 WIB
Rossi: Tikungan 10 MotoGP Catalunya Mirip Parkiran Mal Valentino Rossi menyebut Tikungan 10 Sirkuit Barcelona MotoGP Catalunya seperti parkiran mal. (AP Photo/Antonio Calanni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi melontarkan kritik terhadap desain Tikungan 10 Sirkuit Barcelona MotoGP Catalunya 2019 usai insiden kecelakaan beruntun.

Pebalap Yamaha itu mempertanyakan tikungan tersebut yang terlalu sempit sehingga menyulitkan para pebalap. Di satu sisi, pihak panitia sengaja menyisakan ruang yang sangat luas di luar Tikungan 10 demi keselamatan para pebalap.

Rossi melontarkan kritikan itu setelah ia ikut terjatuh pada kecelakaan beruntun di Tikungan 10 pada lap kedua. Kecelakaan itu berawal dari Jorge Loreno yang terjatuh di tikungan tersebut.


Motor Honda Lorenzo mengenai motor Dovizioso dan Vinales sehingga ikut terempas dari lintasan.

Rossi: Tikungan 10 MotoGP Catalunya Mirip Parkiran MalValentino Rossi mengkritik desain Sirkuit Barcelona. (LLUIS GENE / AFP)
Rossi ikut tersingkir dari trek karena motor yang ditungganginya mencoba menghindari Lorenzo agar tidak terlindas. Dalam tayangan itu, kaki kiri Rossi juga sempat membentur motor Lorenzo yang terempas sehingga ia juga terjatuh.

"Saya tidak tahu yang terjadi karena kami menginginkan desain normal untuk balapan motor di tikungan kedua terakhir, mereka sudah bekerja untuk area run-off."

"Namun, kenapa kami harus memiliki ini [alternatif Tikungan 10]? Saya bekerja keras untuk mencoba Tikungan Sirkuit Catalunya, tikungan panjang sangat bagus [setelah dibenahi]. Namun untuk sejumlah alasan, tikungan ini seperti parkiran mal. Bagi saya ini seperti ini bukan tikungan, amat mudah untuk kecelakaan," ujar Rossi dikutip dari Autosport.

Rossi memang berharap desain Sirkuit Barcelona dikembalikan seperti semula. Namun, kritikan Rossi itu justru disindir Dovizioso.

Rossi: Tikungan 10 MotoGP Catalunya Mirip Parkiran Mal
"Memang tak ada pebalap yang menyukai ini, tapi ini sudah yang paling aman. Sayangnya, sejumlah pebalap berpikir hanya untuk diri mereka sendiri ketika kita membahas perubahan trek."

"Saya pikir itu sangat bodoh. Saya tak mau menambahkan hal lain," terang Dovizioso. (bac/ptr)