Piala Dunia Wanita 2019

Penalti Kontroversial, Prancis Menang Atas Nigeria

CNN Indonesia | Selasa, 18/06/2019 03:58 WIB
Penalti Kontroversial, Prancis Menang Atas Nigeria Prancis berhasil mengalahkan Nigeria. (REUTERS/Stephane Mahe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Prancis berhasil mengalahkan Nigeria dengan skor 1-0 pada Piala Dunia Wanita 2019 lewat penalti kontroversial.

Prancis menguasai pertandingan dan terus mengurung pertahanan Nigeria. Hingga menit ke-75, Prancis bahkan mendapatkan penguasaan bola hingga 67 persen.

Namun Prancis tidak bisa memaksimalkan penguasaan bola menjadi gol. Mereka bahkan hanya menorehkan satu tembakan tepat sasaran dari total 12 tembakan yang mereka lakukan.


Prancis mendapatkan kesempatan emas untuk unggul di menit ke-76 saat mereka mendapatkan tendangan penalti lantaran Ngozi Ebere dianggap melakukan pelanggaran usai wasit Melissa Paola melihat VAR.

Norwegia mendapatkan perlawanan sengit dari Korea Selatan.Norwegia mendapatkan perlawanan sengit dari Korea Selatan. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Wendie Renard yang jadi eksekutor gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Tendangannya membentur tiang gawang dan bola keluar lapangan.

Tetapi kemudian wasit kembali menunjuk titik penalti lantaran ia mendapat laporan bahwa kiper Nigeria Chiamaka Nnadozie tidak berdiri di garis gawang saat penalti dilakukan. Nnadozie bahkan terkena kartu kuning.

Pada kesempatan kedua, Renard mengarahkan bola ke pojok kanan gawang yang tak bisa dijangkau oleh Nnadozie.
Penalti Kontroversial, Prancis Menang Atas Nigeria

Dengan kemenangan atas Nigeria, maka Prancis sukses mengakhiri babak penyisihan dengan status juara grup. Prancis menyudahi fase penyisihan dengan raihan sempurna sembilan poin.

Di laga lainnya, Norwegia memastikan status runner up grup A lewat kemenangan atas Korea Selatan dengan skor 2-1.

Dua gol Norwegia ke gawang Korea Selatan dihasilkan lewat tendangan penalti. Gol pertama dicetak oleh Caroline Graham Hansen di menit kelima. Norwegia lalu menambah keunggulan melalui Isabell Herlovsen di menit ke-51.

Korea Selatan lalu berhasil membalas lewat Yeo Minji di menit ke-78. Namun mereka tak bisa mendapatkan gol balasan lainnya sehingga laga berakhir dengan skor 2-1 untuk Norwegia. (ptr/ptr)