Piala Dunia Wanita 2019

Marta Pertajam Rekor, Brasil Kalahkan Italia

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 03:55 WIB
Marta Pertajam Rekor, Brasil Kalahkan Italia Marta (kanan) berhasil mencetak gol kemenangan Brasil atas Italia. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marta berhasil membawa timnas Brasil mengalahkan timnas Italia dengan skor 1-0 dalam laga Piala Dunia Wanita 2019, Selasa (18/6).

Di babak pertama, Italia tampil lebih impresif dan menghasilkan lebih banyak peluang membahayakan dibandingkan Brasil. Salah satu peluang terbaik Italia lahir dari ujung tombak mereka, Cristiana Girelli.

Girelli sudah menggetarkan gawang Brasil namun wasit Lucila Montes menganulir gol tersebut lantaran Girelli sudah berada dalam posisi offside ketika menerima bola.


Pada menit ke-52, Brasil memberikan ancaman ke gawang Italia lewat Andressinha. Pemain bernomor punggung 17 itu sukses mengirim bola melewati pagar hidup namun tendangan bebasnya hanya menerpa mistar gawang.

Cristiana Girelli kecewa setelah golnya dianulir karena offside.Cristiana Girelli kecewa setelah golnya dianulir karena offside. (Foto: REUTERS/Phil Noble)
Empat menit berselang, bek tengah Brasil, Kathellen berhasil menyundul bola memanfaatkan umpan tendangan bebas Andressinha. Bola melenceng tipis di sebelah kanan gawang Italia yang dikawal oleh Laura Giuliani.

Di babak kedua, Brasil memang lebih sering menekan dibandingkan Italia yang hanya sesekali memberikan ancaman lewat serangan balik.

Duel Italia lawan Brasil berjalan sengit. (REUTERS/Phil Noble)

Brasil akhirnya mendapat kesempatan emas untuk mencetak gol setelah Elena Linari dianggap melakukan pelanggaran terhadap Debinha di kotak terlarang.

Marta yang maju sebagai eksekutor berhasil mengubah skor menjadi 1-0 untuk Brasil di menit ke-74. Tendangan Marta berhasil mengecoh Giuliani.

Gol ke gawang Italia itu merupakan gol ke-17 Marta di ajang Piala Dunia. Pemain bernomor punggung 10 ini mempertajam rekor sebagai pemain dengan torehan gol terbanyak di ajang Piala Dunia Wanita.

Tak hanya itu, Marta juga resmi menyandang status sebagai mesin gol terbaik dalam sejarah Piala Dunia, baik pria maupun wanita. Marta meninggalkan Miroslave Klose yang mencetak 16 gol dalam sejarah Piala Dunia.

Meski kalah 0-1 di laga lawan Brasil, namun Italia berhak lolos ke babak berikutnya dengan status juara grup, disusul Brasil di posisi kedua.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3)

Laura Giuliani; Alia Guagni, Sara Gama, Elena Linari, Elisa Bartoli (Lisa Boattin 71); Aurora Galli, Manuela Giugliano, Valentina Cernoia; Valentina Giacinti (Valentina Bergamaschi 63), Cristiana Girelli (Ilaria Mauro 78), Barbara Bonansea


Brasil (4-3-3)

Barbara; Leticia Santos (Poliana 76), Kathellen, Monica, Tamires; Andressinha, Thaisa, Marta (Luana 84); Ludmila, Cristiane (Beatriz 65), Debinha (ptr/ptr)


BACA JUGA