Tiga Gol Dianulir, Brasil-Venezuela Imbang di Copa America

nva, CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 09:29 WIB
Tiga Gol Dianulir, Brasil-Venezuela Imbang di Copa America Timnas Brasil ditahan imbang Venezuela. (REUTERS/Luisa Gonzalez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Venezuela menahan imbang Brasil tanpa gol pada laga fase grup Copa America 2019 yang berlangsung di Stadion Arena Fonte Nova, Brasil, Rabu (19/6) pagi waktu Indonesia barat.

Brasil berusaha mendominasi penguasaan bola dalam laga kedua di Copa America 2019 sama seperti laga pertama ketika mengalahkan Bolivia.

Hingga menit kesepuluh, Brasil tercatat unggul 70 berbanding 30 dalam penguasaan bola. Terlepas dari statistik tersebut, Roberto Firimino dan kawan-kawan tak mampu membobol gawang Venezuela.


Peluang besar Brasil tercipta pada menit ke-15 melalui David Neres. Penyerang Brasil itu berhasil menguasai bola di kotak penalti, namun gagal melepaskan si kulit bulat ke gawang Venezuela. Semenit berselang giliran tembakan jarak dekat Richarlison yang diblok Wuilker Farinez.

Venezuela tak hanya sibuk bertahan, pada menit ke-19 kesebelasan berjuluk La Vinotinto mengancam gawang Alisson Becker melalui sundulan jarak dekat Salomon Rondon memanfaatkan umpan Ronald Hernandez.

Tiga Gol Dianulir, Brasil Diimbangi Venezuela di Copa AmericaGabriel Jesus berupaya membobol gawang Venezuela. (REUTERS/Edgard Garrido)
Berbeda dengan laga menghadapi Bolivia, Brasil juga harus mewaspadai Venezuela yang cukup getol mencari peluang meski tidak banyak menguasai bola. Selain itu Venezuela juga bertahan lebih rapat sehingga tidak ada ruang yang dapat dimanfaatkan dengan leluasa oleh skuat Selecao.

Pada menit ke-38 Roberto Firmino membobol gawang Venezuela namun wasit Julio Bascunan menilai pemain Liverpool itu melanggar Mikel Villanueva ketika berduel memperebutkan bola yang dikirim Dani Alves dari sayap kanan.

Pergantian pemain yang dilakukan Tite dengan memasukkan Gabriel Jesus sebagai pengganti Richarlison menandai babak kedua.

Tiga Gol Dianulir, Brasil Diimbangi Venezuela di Copa America
Gagal mencetak gol di babak pertama, Brasil langsung mendobrak dengan bermain menyerang di babak kedua.

Serangan Brasil di babak kedua diiringi dengan siulan fan tuan rumah yang tidak puas dengan penampilan tim kesayangannya.

Gencar melakukan serangan, Brasil mampu membuat bola bersarang di gawang Venezuela pada menit ke-60 berkat tembakan jarak dekat Gabriel Jesus, namun wasit lantas mengecek VAR dan memutuskan tidak ada gol tercipta lantaran Firmino yang mengirim bola ke Jesus dinilai berada pada posisi offside.

Tiga Gol Dianulir, Brasil Diimbangi Venezuela di Copa AmericaGol Philippe Coutinho dianulir wasit. (REUTERS/Luisa Gonzalez)
Canarinho tak kenal lelah membongkar pertahanan lawan melalui sisi kanan dan kiri maupun koridor tengah, namun pemain-pemain Venezuela berulang kali mampu membaca rancangan serangan yang dibangun tim Kuning Biru.

Mengurung pertahanan Venezuela, Brasil membuat gawang lawan bergetar pada menit ke-87. Lagi-lagi wasit dengan bantuan VAR menganulir gol Brasil. Namun tak jelas alasan wasit membatalkan gol Brasil lantaran semua pemain berada pada posisi onside dan tidak ada handsball.

Tidak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol hingga laga bubar, membuat Brasil kini mengantongi nilai empat sama dengan Peru yang mengalahkan Bolivia 3-1. Selisih gol 3-0, hasil laga pertama menghadapi Bolivia membuat Brasil memimpin klasemen Grup A.

Susunan pemain inti Brasil:
Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis; Casemiro, Arthur; Richarlison, Philippe Coutinho, David Neres; Roberto Firmino

Susunan pemain inti Venezuela:
Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Yordan Osorio, Mikel Villanueva, Ronald Hernandez; Junior Moreno; Darwin Machis, Yangel Herrera, Tomas Rincon, Jhon Murillo; Salomon Rondon (nva/nva)