Michele Gadda, Penyelamat Rossi di MotoGP

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 12:40 WIB
Michele Gadda, Penyelamat Rossi di MotoGP Valentino Rossi berharap banyak kepada Michele Gadda. (LLUIS GENE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Yamaha Valentino Rossi berharap sosok bernama Michele Gadda bisa menjadi penyelamat The Doctor untuk bangkit di MotoGP 2019.

Yamaha belum juga mampu memberikan Rossi dan Maverick Vinales sepeda motor M1 yang kompetitif. Masalah perangkat elektronik dan ketidakcocokan sepeda motor M1 dengan ban Michelin dianggap menjadi masalah utama.

Untuk mengatasi permasalahan perangkat elektronik, Yamaha mempromosikan Michele Gadda yang sebelumnya bekerja untuk tim Yamaha SuperBike untuk menjadi Kepala Kontrol Perangkat Elektronik Yamaha Eropa.


Gadda dituntut memperbaiki masalah perangkat elektronik di sepeda motor M1 milik Rossi, Vinales dan dua pebalap satelit di Yamaha Petronas, Fabio Quartararo serta Franco Morbidelli.

Valentino Rossi gagal finis dalam dua balapan terakhir di MotoGP.Valentino Rossi gagal finis dalam dua balapan terakhir di MotoGP. (AP Photo/Nicolas Aguilera)
Rossi mengatakan kehadiran Gadda sangat penting untuk Yamaha. Pebalap 40 tahun itu mengklaim sejak kehadiran Gadda performa sepeda motor M1 semakin kompetitif.

"Gadda orang baik. Buat saya, penampilan kami meningkat bersama dia. Masalahnya adalah kami butuh lima orang seperti Gadda, tapi kami hanya punya satu," ujar Rossi dikutip dari Crash.

Michele Gadda, Penyelamat Rossi di MotoGP
Rossi mencoba sejumlah perangkat elektronik baru pada tes di Sirkuit Catalunya, Senin (17/6). Meski pada akhirnya hanya berada di posisi 14, terpaut 1,001 detik dari Maverick Vinales, Rossi mengaku jauh lebih nyaman dengan perangkat elektronik baru.

"Kami mencoba sejumlah hal baru, terutama perangkat elektronik, untuk meningkatkan pengereman dan akselerasi. Hasilnya positif, karena ini sesuatu yang bisa kami gunakan pada balapan selanjutnya. Kami menemukan sejumlah solusi bagus," ujar Rossi.

Rossi mengalami nasib sial dalam dua pertandingan terakhir setelah gagal finis di MotoGP Italia dan MotoGP Catalunya. Pada MotoGP Italia, The Doctor mengalami kecelakaan di lap ketujuh. Sementara di Catalunya, Rossi hanya menyelesaikan dua lap setelah terlibat dalam kecelakaan Jorge Lorenzo.

Balapan selanjutnya akan berlangsung di MotoGP Belanda, 30 Juni mendatang. Live streaming MotoGP Belanda 2019 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. (har/nva)