Gol Dianulir dan Batal Menang, Pelatih Brasil Tak Protes VAR

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 15:29 WIB
Gol Dianulir dan Batal Menang, Pelatih Brasil Tak Protes VAR Tite ketika memberi arahan kepada timnas Brasil. (REUTERS/Rodolfo Buhrer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi atau yang dikenal dengan Tite menyebut tidak ada komplain mengenai VAR (Video Assistant Referee) pada laga melawan Venezuela di Grup A Copa America 2019 di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Rabu (19/6) pagi WIB.

Brasil gagal menang atas Venezuela. Tim Samba tiga kali menyarangkan bola ke gawang La Vinotinto, namun wasit Julio Bascunan tidak mengesahkan satu pun dari gol tersebut. Laga pun berakhir imbang tanpa gol.

Di babak pertama Roberto Firminho dianggap melakukan pelanggaran sebelum menuntaskan umpan dari Dani Alves. Pada babak kedua giliran Gabriel Jesus dan Philippe Coutinho yang batal girang merayakan gol karena wasit menganulir gol yang tercipta.


Hanya meraih satu poin, Tite mengeluarkan komentar yang bijak. Alih-alih mengemukakan protes, pelatih yang pernah menangani klub-klub di Brasil seperti Corinthians, Atletico Mineiro, dan Palmeiras itu menganggap pemainnya memang menyalahi aturan.

Gol Dianulir dan Batal Menang, Pelatih Brasil Tak Protes VARRoberto Firmino menyesali kegagalan mencetak gol ke gawang Venezuela. (REUTERS/Rodolfo Buhrer)
"VAR benar dan dalam situasi ini tim harus lebih dewasa, karena menyalahkan wasit pada situasi seperti ini tidak akan pernah ada," kata Tite sikutip sportskeeda.

"Yang adil, dia [Firminho] offside. Tidak ada hal yang perlu dikeluhkan," tegasnya.

Gol Dianulir dan Batal Menang, Pelatih Brasil Tak Protes VAR
Mengenai cemooh dari suporter, Tite mengaku memahami kekecewaan dari tribune penonton. Sebelumnya, suporter Brasil juga mengaku kecewa setelah tim kesayangannya menang 3-0 atas Bolivia pada laga pertama Copa America 2019.

"Saya akan melakukan hal yang sama jika saya ada di posisi itu [suporter]. Para penggemar menginginkan gol dan saya ingin yang sama jika saya menjadi seorang penggemar," sebut Tite.

Brasil akan menjalani laga terakhir fase grup Copa America 2019 bakal melakoni pertandingan menentukan di fase grup saat bertemu Peru, Sabtu (22/6). Kedua tim sama-sama sudah mengoleksi empat poin dari dua laga dan Brasil lebih unggul selisih gol karena belum pernah kebobolan. (ttf/bac)