Kensuke Takahashi, Pencetak Sejarah Timnas Futsal Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 16:09 WIB
Kensuke Takahashi, Pencetak Sejarah Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi sosok pelatih yang membawa Timnas Futsal Indonesia U-20 ke semifinal Piala Asia. (REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Futsal Indonesia U-20 mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-20 2019 di Tabriz, Iran. Prestasi itu tak lepas dari tangan dingin pelatih asal Jepang, Kensuke Takahashi.

Takahashi merupakan mantan pemain nasional futsal Jepang yang sejak 2018 ditunjuk Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk menjadi pelatih kepala Timnas Futsal Indonesia baik di tim putri, putra senior, serta di U-20.

Pengalaman Takahashi di dunia futsal internasional terbilang cukup banyak lewat sederet prestasi yang telah diraih. Terlebih Takahashi pernah memperkuat timnas futsal Jepang di Piala Dunia Futsal 2004 di Taiwan dan 2012 di Thailand, meski belum meraih hasil terbaik kala itu.


Sebelum terjun ke futsal, pelatih 37 tahun itu sempat mencoba peruntungan di sepak bola. Karier futsalnya dimulai bersama Gazil Juntendo ketika ia terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Juntendo.

Kensuke Takahashi meraih banyak sukses bersama timnas futsal Jepang. Kensuke Takahashi meraih banyak sukses bersama timnas futsal Jepang. (REUTERS/Chaiwat Subprasom)
Karier bermain Takahashi juga diukir bersama Divertido Asahikawa pada 2003-2004. Kemudian dilanjutkan bersama Predator FC (Bardral Urayasu) selama empat tahun sampai 2018, lalu ke Caja Segovia di Spanyol selama dua tahun, lalu ke klub futsal Spanyol lainnya, Guadalaraja, selama dua tahun dan mengakhiri karier profesional di Bardral Urayasu pada 2015.

Sederet prestasi juga sudah ditorehkan Takahashi sebagai pemain futsal. Mulai dari meraih gelar juara Piala Asia Futsal pada 2006, 2010 dan 2012, kemudian juga menjadi runner up pada 2005 dan 2007.

Kensuke Takahashi,  Timnas Futsal Indonesia U-20
Bersama timnas futsal Jepang, Takahashi sudah menorehkan 60 caps sejak 2003 sampai 2012. Sedangkan karier kepelatihan Takahashi dimulai bersama Bardral Urayashu pada 2017. Sebelumnya, Takahashi sempat dipercaya menjadi direktur teknik Bardral Urayasu.

Sebagai pelatih, Takahashi berhasil membawa Bardral Urayasu meraih peringkat empat All Japan Futsal Championship 2018.

Kini Takahashi berhasil menorehkan sejarah baru bersama Timnas Futsal Indonesia dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-20 2019. Target dari FFI sudah dipenuhi Takahashi setelah Indonesia mengalahkan Vietnam 7-5 untuk melangkah ke babak semifinal.

Selanjutnya, Timnas Futsal Indonesia U-20 akan menghadapi Afghanistan di babak semifinal, Kamis (20/6). (TTF/bac)