Hummels Resmi Kembali ke Dortmund

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 22:22 WIB
Hummels Resmi Kembali ke Dortmund Mats Hummels resmi kembali ke Borussia Dortmund. (REUTERS/Andreas Gebert)
Jakarta, CNN Indonesia -- Borussia Dortmund resmi mendatangkan kembali Mats Hummels dari Bayern Munchen dengan nilai transfer €38 juta atau setara Rp527 miliar pada Selasa (19/6).

Tercapainya kesepakatan dengan Munchen untuk mendapatkan Hummels telah diumumkan di situs resmi klub. Hummels tinggal menjalani tes medis untuk meresmikan kepindahannya dan kemudian diperkenalkan kepada publik.

Hummels bukan sosok yang asing bagi publik Dortmund karena pernah delapan tahun berseragam Die Borussen. Ia sukses mengantarkan Dortmund meraih dua gelar Bundesliga, Piala Jerman, dan Piala Super Jerman.


Bek timnas Jerman itu baru bergabung dengan Munchen tiga tahun lalu. Hummels pun langsung jadi andalan di jantung pertahanan bersama Jerome Boateng.

Hummels Resmi Kembali ke DortmundMats Hummels mengakhiri petualangannya di Bayern Munchen. (REUTERS/Murad Sezer)
Selama tiga tahun berseragam Munchen, Hummels bermain dalam 74 pertandingan dan mempersembahkan tujuh gelar, termasuk trofi Bundesliga.


Namun, Hummels mulai kehilangan tempat di tim utama saat Niko Kovac menukangi Die Roten pada awal musim ini. Keputusan untuk kembali ke Signal Iduna Park membuatnya mengikuti jejak Mario Goetze yang melakukan hal serupa musim lalu.

Hummels Resmi Kembali ke Dortmund
Perekrutan Hummels menambah panjang daftar pemain yang mereka rekrut menyambut musim baru. Skuat asuhan Lucien Favre telah merekrut Nico Schulz (Hoffenheim), Julian Brandt (Bayer Leverkusen), dan Thorgan Hazard dengan nilai transfer mencapai £58.1 juta.

Sejauh ini, Dortmund baru melepas satu pemain yaitu Alexander Isak ke Real Sociedad dengan biaya transfer £7.1 juta.

Favre sendiri baru saja teken kontrak baru pada awal pekan ini. Kontrak itu membuatnya akan tetap bersama Dortmund hingga 30 Juni 2021. (jal/bac)