Imbang dengan Paraguay, Argentina Terancam di Copa America

CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 09:30 WIB
Imbang dengan Paraguay, Argentina Terancam di Copa America Lionel Messi mencetak gol penyama kedudukan. (REUTERS/Luisa Gonzalez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Argentina bermain imbang 1-1 dengan timnas Paraguay dalam laga fase grup Copa America 2019 di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Kamis (20/6) pagi waktu Indonesia barat.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni melakukan empat perubahan pada susunan pemain inti. Tidak ada Renzo Saravia, Angel Di Maria, Guido Rodriguez, dan Sergio Aguero dalam daftar starter. Keempat pemain itu digantikan Milton Casco, Rodrigo De Paul, Roberto Pereyra, dan Lautaro Martinez.
Berinisiatif menyerang sejak menit awal babak pertama, Tim Tango tidak mampu memberi ancaman berarti untuk Paraguay.

Los Guaranies yang juga mencari kemenangan perdana di Copa America 2019 pun berupaya memanfaatkan situasi ketika sedang menguasai bola. Sama seperti Argentina, serangan Paraguay pun tampak belum matang betul dan mudah dipatahkan barisan pertahanan lawan.

Pada menit ke-37, Paraguay membangun serangan dari sisi kiri. Miguel Almiron yang menggiring bola kemudian melepas umpan tarik mendatar. Dari lini kedua Richard Sanchez masuk ke kotak penalti dan melepas tembakan yang membuat bola bersarang di gawang Franco Armani.


Imbang dengan Paraguay, Argentina Terancam di Copa AmericaFranco Armani mengamankan eksekusi penalti Derlis Gonzalez. (REUTERS/Edgard Garrido)
Pada babak kedua Scaloni memasukkan Sergio Aguero menggantikan Roberto Pereyra. Kehadiran Aguero memberi gairah bagi Argentina. Pada menit ke-50 pemain Manchester City itu turut mengawali peluang Argentina melalui Lautaro Martinez yang membentur mistar. Bola kemudian memantul ke arah Lionel Messi yang melepas tembakan ke arah gawang namun masih bisa diblok Fernandez.

Sesaat kemudian wasit Wilton Sampaio memutuskan meninjau rekaman ulang. Melalui bantuan video assistant referee (VAR), wasit asal Brasil itu kemudian memberi penalti untuk Argentina karena menilai Ivan Piris melakukan handsball.

Messi yang menjadi eksekutor penalti tidak menyia-nyiakan kesempatan dan membuat skor menjadi imbang pada menit ke-57.

Imbang dengan Paraguay, Argentina Terancam di Copa America
Berselang empat menit kemudian Paraguay mendapat penalti karena Derlis Gonzalez diganjal Nicolas Otamendi. Gonzalez yang menjadi penendang penalti gagal melaksanakan tugas. Bola yang dilepaskan masih mampu dibaca Franco Armani.

Serangan Argentina yang kian hidup pada babak kedua lantas disemarakkan dengan keputusan Scaloni memasukkan Di Maria menggantikan Martinez.

Kendati demikian Argentina tidak selalu mengurung pertahanan Paraguay. La Albiroja sempat mengancam gawang Argentina melalui tendangan bebas Matias Rojas yang masih dapat diantisipasi Armani.

Hasil imbang 1-1 membuat Argentina baru mengumpulkan satu poin dari dua laga dan masih berada di posisi juru kunci Grup B. Untuk mengamankan jalan ke fase selanjutnya, Albiceleste harus meraih poin pada laga terakhir menghadapi Qatar untuk membuka peluang tampil sebagai peringkat kedua atau masuk dalam peringkat tiga terbaik.

Susunan pemain inti Argentina:
Franco Armani; Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, German Pezzella, Milton Casco; Rodrigo De Paul, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso, Roberto Pereyra; Lautaro Martinez, Lionel Messi.

Susunan pemain inti Paraguay:
Roberto Fernandez; Ivan Piris, Gustavo Gomez, Junior Alonso, Santiago Arzamendia; Derlis Gonzalez, Richard Sanchez, Rodrigo Rojas, Matias Rojas; Miguel Almiron; Federico Santander. (nva/nva)




BACA JUGA