Cech Kembali ke Chelsea, Memegang Peran Penting

CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 18:35 WIB
Cech Kembali ke Chelsea, Memegang Peran Penting Petr Cech bakal memegang peran penting kembali ke Chelsea. (Reuters/Paul Childs)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petr Cech memutuskan kembali ke Chelsea klub yang pernah dibelanya sejak 2004 hingga 2015.

Cech memutuskan pensiun akhir musim lalu bersama Arsenal. Kini, Cech kembali ke Chelsea sebagai Penasihat Teknik dan Performa Klub. Di jabatan barunya itu Cech bakal memegang peran penting.

"Fokus dari pekerjaannya adalah menyediakan saran dalam persoalan sepak bola dan performa klub, termasuk menentukan dan memfasilitasi hubungan erat antara para pemain dan tim akademi, dan memastikan seluruh departemen pendukung bekerja bersama," demikian keterangan dari pihak klub Chelsea dikutip dari situs resmi.


Dikutip dari Football London, peran krusial Cech nantinya membantu untuk mengambil keputusan dalam hal bursa transfer permain.

Petr Cech memutuskan pensiun dari posisi kiper usai final Liga Europa. (Petr Cech memutuskan pensiun dari posisi kiper usai final Liga Europa. (Foto: REUTERS/Maxim Shemetov)
Sejak Michael Emenalo meninggalkan Chelsea dari posisi Direktur Teknik pada 2017, The Blues disebut tak benar-benar mendapat penggantinya.

Peran Emenalo terkait transfer pemain digantikan Marina Granovskia. Setiap manajer yang pernah menangani Chelsea selalu mengajukan permintaan belanja untuk sejumlah pemain kepadanya.

Sejak saat itu pula manajer The Blues tak benar-benar menjadi manajer di klub itu, melainkan hanya pelatih kepala. Antonio Conte hingga Maurizio Sarri disebut sempat frustrasi karena keinginannya untuk membeli sejumlah pemain kerap terhambat.

Berbeda pada masa Emenalo masih menjabat sebagai Direktur Teknik, Chelsea memiliki sosok yang cakap dalam merencanakan hingga menerapkan kebijakan transfer pemain di klub itu.

Cech Kembali ke Chelsea, Memegang Peran Penting
Sementara meski Cech hanya menjabat sebagai Penasihat Teknis dan Performa Klub, dia dipercaya cukup mumpuni dalam hal kebijakan transfer pemain maupun menilai pemain muda yang layak promosi ke tim senior The Blues.

Cech sendiri memutuskan pamit dari Arsenal usai membela timnya pada laga final Liga Europa di Baku, Azerbaijan. Saat itu The Gunners dikalahkan mantan klubnya dengan skor 4-1. (bac/har)