Muddai Madang dan Marciano Norman Bersaing Jadi Ketua KONI

CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 19:20 WIB
Muddai Madang dan Marciano Norman Bersaing Jadi Ketua KONI Marciano Norman mencalonkan diri menjadi Ketua Umum KONI Pusat. (CNN Indonesia/Arie Riswandy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Muddai Madang dan Marciano Norman bakal bersaing pada pemilihan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat periode 2019-2023 pada 2 Juli mendatang.

Keduanya dipastikan menjadi calon setelah resmi mengembalikan formulir pendaftaran ke Tim Penjaringan calon Ketua Umum KONI Pusat. Marciano mengembalikan formulir pada Kamis (20/6) dan disusul Muddai pada Jumat (21/6).

Marciano bukan orang baru di dunia olahraga nasional. Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) pernah menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) selama dua periode. Selain itu Marciano pernah menjadi Ketua Inkai Kalimantan Barat dan Pembina Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi).


Muddai saat ini masih berstatus sebagai Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua KONI Sumatera Selatan.

Muddai Madang akan bersaing dengan Marciano Norman menjadi Ketua KONI.Muddai Madang akan bersaing dengan Marciano Norman menjadi Ketua KONI. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
"Pengembalian formulir sudah. Ada dua calon, Pak Muddai dan Pak Marciano. Pak Hendardji [Soepandji] sudah ambil formulir, tapi sampai batas waktu hari ini pukul 16.00 WIB belum mengembalikan," kata Ketua Tim Penjaringan Calon Ketua Umum KONI Pusat, Amir Karyatin, kepada CNNIndonesia.com, Jumat (21/6).

Muddai Madang dan Marciano Norman Bersaing Jadi Ketua KONI
Bursa calon Ketua Umum KONI kali ini disebut Amir terbilang sepi. Kondisi itu diyakini Amir karena banyaknya permasalahan yang menimpa KONI Pusat belum lama ini, mulai dari tunggakan gaji karyawan sampai penangkapan Sekjen KONI E.F Hamidy terkait kasus suap dana hibah yang juga melibatkan Deputi IV Kemenpora, Mulyana, pada Desember 2018 lalu.

"Ya, itu menjadi satu kendala makanya tidak terlalu banyak yang daftar. Tapi saya pikir dua calon ini cukup karena keduanya adalah orang yang memenuhi syarat dan sudah kenyang berkegiatan di bidang olahraga," ucap Amir.

Setelah pengembalian formulir pendaftaran, tim penjaringan bakal menggelar rapat verifikasi pada Senin (24/6). Musyawarah Nasional (Munas) pemilihan Calon Ketua Umum KONI Pusat digelar di Hotel Sultan, Senayan, Selasa (2/7). (TTF/bac)