Piala Dunia Wanita 2019

Inggris dan Prancis Melangkah ke Perempat Final

CNN Indonesia | Senin, 24/06/2019 04:49 WIB
Inggris dan Prancis Melangkah ke Perempat Final Tuan rumah Prancis mengalahkan Brasil dalam babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2019. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Inggris mengemas kemenangan 3-0 atas Kamerun dalam babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2019, sementara Prancis membutuhkan tenaga ekstra untuk menundukkan Brasil dalam laga yang berlangsung hingga babak tambahan.

The Three Lionesses membuka kemenangan pada menit ke-14. Backpass dari Augustine Ejangue yang ditangkap kiper Anette Ngo Ndom membuat wasit memberi hukuman tendangan bebas di dalam kotak penalti. Kapten Inggris Steph Houghton mencetak gol melalui tembakan keras setelah menerima umpan dari Toni Duggan.
Pada pengujung babak pertama, Inggris menggandakan keunggulan berkat Ellen White. Asisten wasit sempat mengangkat bendera tanda offside, namun setelah wasit Qin Liang mengecek video assistant referee (VAR) gol Inggris tetap disahkan.

Tidak terima dengan keputusan wasit, pemain-pemain Kamerun melakukan protes dan sempat menolak melanjutkan pertandingan. Pelatih Kamerun Alain Djeumfa turut meradang dengan pengesahan gol kedua.

Inggris dan Prancis Melangkah ke Perempat FinalPemain-pemain timnas Inggris merayakan gol ke gawang Kamerun. (REUTERS/Bernadett Szabo)

Setelah wasit mengakhiri babak pertama, para pemain Kamerun masih terlihat berada di lapangan. Perwakilan dari FIFA kemudian berbicara dengan skuat Kamerun dan berhasil meredakan emosi wakil Afrika tersebut.


Pada awal babak kedua, pemain Kamerun kembali merasa dirugikan oleh VAR yang menganulir gol Ajara Nchout lantaran offside. Wasit kembali mendapat protes keras, namun laga dapat kembali berjalan.

Inggris mencetak gol ketiga pada laga ini melalui Alex Greenwood memanfaatkan umpan dari sepak pojok Duggan.

Skor 3-0 membawa Inggris ke babak perempat final, menghadapi Norwegia yang lebih dulu melaju setelah mengalahkan Australia.

Inggris dan Prancis Melangkah ke Perempat Final
Dalam laga 16 besar lainnya, Prancis harus berjuang hingga babak tambahan untuk memastikan kemenangan atas Brasil dalam laga yang berlangsung di Stadion Oceane, Le Havre, Senin (24/6) dini hari WIB.

Prancis unggul lebih dulu pada menit ke-52 melalui gol Valerie Gauvin. Sebelas menit kemudian Brasil menyamakan kedudukan berkat gol Thaysa de Moraes.

Skor imbang bertahan hingga waktu normal usai. Laga berlanjut ke babak tambahan 2x15 menit. Memasuki menit ke-106 atau menit pertama babak kedua extra time, Amandine Henry membobol gawang Barbara Micheline Do Monte.

Prancis mempertahankan keunggulan tipis hingga babak tambahan usai dan memastikan langkah ke fase delapan besar menghadapi pemenang dalam laga antara Spanyol dan juara bertahan Amerika Serikat. (nva/nva)