ASEAN Siap Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

CNN Indonesia | Senin, 24/06/2019 15:29 WIB
ASEAN Siap Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034 Asia Tenggara berminat jadi tuan rumah Piala Dunia 2034. (AFP PHOTO / Alexander NEMENOV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, menyatakan negara dari kawasan Asia Tenggara akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama yang ia ungkapkan saat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-34 di Bangkok, Minggu (23/6).

Benua Asia baru satu kali bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia saat Jepang dan Korea Selatan bertindak sebagai tuan rumah bersama tahun 2002 silam. Tiga tahun lagi Qatar akan mengikuti jejak Korsel dan Jepang karena jadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

"Para pemimpin mendukung keinginan ASEAN jadi tuan rumah Piala Dunia 2034, jika memungkinkan," kata Prayut saat penutupan KTT ASEAN.


"Saya ingin mengajak seluruh elemen di ASEAN untuk mendukung seluruh asosiasi di negara mereka untuk mewujudkan mimpi ini."

ASEAN Siap Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034Stadion Gelora Bung Karno bakal jadi salah satu venue pilihan jika Asia Tenggara jadi tuan rumah Piala Dunia. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Ide kawasan Asia Tenggara jadi tuan rumah Piala Dunia sudah mencuat cukup lama. Bahkan, Indonesia sempat diberitakan telah bersepakat dengan Thailand untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2034 pada 2017 lalu.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, pernah mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo sudah menyetujui rencana Indonesia dan Thailand jadi tuan rumah pesta sepak bola dunia tersebut.

Usulan agar Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia 2034 pernah mencuat dalam pertemuan Dewan Anggota AFF ke-12 di Nusa Dua, Bali pada 2017.

Negara dari kawasan ASEAN akan bersaing dengan China yang disebut sebagai kompetitor lain untuk jadi tuan rumah Piala Dunia di benua Asia.

ASEAN Siap Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034
"Ada sesuatu yang dapat diraih dari proses pengajuan [tuan rumah Piala Dunia] itu sendiri. Sehingga memenangkan pertarungan adalah tujuan kedua dan poinnya adalah menggalang rasa kebersamaan di kawasan ASEAN," ujar pengamat publik dari Universitas Chiang Mai kepada Reuters dilansir Strait Times.

Sinyal kawasan ASEAN jadi tuan rumah Piala Dunia sudah diperlihatkan dengan minat Thailand dan Myanmar menghelat Piala Dunia U-20 tahun 2021. Sementara Indonesia dilaporkan sedang mempertimbangkan rencana mengajukan jadi tuan rumah tunggal pagelaran serupa. (jal/har)