Piala Dunia Wanita 2019

Kemenangan Tipis Antar AS dan Swedia ke Perempat Final

CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 04:45 WIB
Kemenangan Tipis Antar AS dan Swedia ke Perempat Final Swedia merayakan keberhasilan melaju ke perempat final Piala Dunia Wanita 2019. (REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara bertahan Amerika Serikat dan Swedia melaju ke perempat final Piala Dunia Wanita 2019 berkat kemenangan tipis.

Amerika Serikat melewati adangan Spanyol dalam laga babak 16 besar yang berlangsung di Stadion Auguste-Delaune, Reims, Prancis, Senin (24/6) malam WIB.

Skuat asuhan Jill Ellis membuka keunggulan pada menit ketujuh. Wasit menilai Katalin Kulcsar menilai Mapi Leon melanggar Tobin Heath di kotak penalti. Megan Rapinoe yang maju sebagai eksekutor melepaskan tembakan dari titik putih tanpa kesalahan.


Spanyol yang tampil sebagai tim underdog mampu menyamakan kedudukan hanya dua menit setelah kebobolan. Kepercayaan diri berlebihan Amerika Serikat di daerah pertahanan membawa petaka. Pressing Spanyol membuat bola berpindah kaki dan Jennifer Hermoso menuntaskan peluang dengan sebuah tembakan yang membuat skor menjadi 1-1.

Kemenangan Tipis Antar AS dan Swedia ke Perempat FinalMegan Rapinoe (kiri) dua kali menyelesaikan tugas sebagai eksekutor penalti. (REUTERS/Bernadett Szabo)
Amerika Serikat baru bisa mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-76, lagi-lagi melalui titik 12 pas. Kulcsar memberi penalti bagi Amerika Serikat setelah Virginia Torrecilla menjatuhkan Rose Lavelle. Untuk meyakinkan keputusannya, Kulcsar melihat rekaman tayangan ulang.

Rapinoe yang kembali menjadi algojo kembali membawa Amerika Serikat unggul dan memastikan tiket ke babak perempat final menghadapi tuan rumah Prancis, Jumat (28/6).

Kemenangan Tipis Antar AS dan Swedia ke Perempat Final
Dalam laga 16 besar lainnya yang berlangsung di Stadion Parc des Princes, Paris, Selasa (25/6) dini hari WIB, Swedia juga hanya menang tipis atas Kanada. Gol tunggal Stina Blackestenius pada menit ke-55 menjadi pembeda.

Swedia akan bertemu negara yang sudah dua kali menjadi juara Piala Dunia Wanita, Jerman, dalam laga yang akan berlangsung di Rennes, Sabtu (29/6).

Pertandingan babak 16 besar masih menyisakan dua laga lagi, yakni antara Italia dan China, serta Belanda melawan Jepang, yang akan digelar Selasa (25/6) malam waktu setempat. (nva/nva)