Rossi Resmi 2 Tahun Tak Menang di MotoGP

CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 13:51 WIB
Rossi Resmi 2 Tahun Tak Menang di MotoGP Momen terakhir Valentino Rossi meraih kemenangan di MotoGP Belanda 2017. (AFP PHOTO / ANP / Vincent Jannink)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini, Selasa (25/6), jelang MotoGP Belanda 2019 tepat dua tahun pebalap Yamaha Valentino Rossi tidak pernah meraih kemenangan pada balapan MotoGP.

Seiring dengan tidak kompetitifnya sepeda motor Yamaha YZR-M1 dalam dua musim terakhir, Rossi pun mengalami paceklik kemenangan di MotoGP. Hari ini tepat dua tahun atau 729 hari The Doctor tidak pernah meraih kemenangan di ajang kelas primer Grand Prix tersebut.

Rossi terakhir meraih kemenangan pada balapan MotoGP Belanda musim 2017. Ketika itu Rossi memenangi duel ketat melawan Danilo Petrucci yang masih memperkuat Pramac Racing. Sementara posisi finis ketiga ditempati Marc Marquez.


Sejak saat itu Rossi tidak pernah meraih kemenangan di MotoGP. Ini adalah paceklik kemenangan Rossi bersama Yamaha di MotoGP. Juara dunia Grand Prix sembilan kali itu pernah paceklik kemenangan lebih lama, yakni 987 hari, ketika beralih dari Yamaha ke Ducati hingga kembali ke Yamaha lagi.

Valentino Rossi mengalahkan Danilo Petrucci di MotoGP Belanda 2017.Valentino Rossi mengalahkan Danilo Petrucci di MotoGP Belanda 2017. (AFP PHOTO / ANP / Vincent JANNINK)
Ketika itu Rossi meraih kemenangan di MotoGP Malaysia pada 10 Oktober 2010 bersama Yamaha. Setelah tidak pernah meraih kemenangan bersama Ducati selama dua musim, Rossi kembali ke Yamaha dan baru menang pada 23 Juni 2013 di MotoGP Belanda.

Sejak kemenangan di MotoGP Belanda 2017, Rossi meraih sembilan posisi finis sembilan. Beberapa kali pebalap asal Italia itu nyaris meraih kemenangan, termasuk ketika terjatuh di MotoGP Malaysia 2018 ketika memimpin balapan dan di MotoGP Amerika Serikat saat dikalahkan Alex Rins di beberapa lap terakhir.

Valentino Rossi Resmi 2 Tahun Tak Menang di MotoGP
Menariknya sejak Rossi meraih kemenangan di MotoGP Belanda dua tahun lalu, Yamaha hanya mampu meraih satu kemenangan, yakni ketika Maverick Vinales juara di MotoGP Australia musim lalu. Praktis Yamaha gagal bersaing dengan Honda, Ducati, dan kini mulai disalip Suzuki.

Sirkuit Assen memang menjadi salah satu tempat favorit Rossi untuk meraih kemenangan. Total, pebalap 40 tahun itu sudah meraih sepuluh kemenangan di Sirkuit Assen pada semua kelas, termasuk delapan kemenangan di kelas MotoGP. Musim lalu Rossi hanya mampu finis posisi kelima pada balapan MotoGP Belanda.

Live streaming MotoGP Belanda 2019 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com pada Minggu (30/6) malam. (har/bac)