AFF Dukung ASEAN Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034

CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 17:35 WIB
AFF Dukung ASEAN Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034 AFF dukung negara-negara ASEAN jadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2034. (REUTERS/Dylan Martinez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mendukung penuh negara ASEAN maju sebagai tuan rumah bersama di Piala Dunia 2034.

Hal itu diungkapkan langsung Presiden AFF, Mayor Jendral Khiev Sameth, sebagai respons keinginan sejumlah anggota yang ingin ikut melakukan bidding tuan rumah turnamen sepak bola terakbar tersebut.

"Federasi Sepak Bola ASEAN menyambut baik keinginan para pemimpin politik di kawasan ini yang telah berjanji untuk memberikan dukungannya kepada ASEAN untuk mengikuti penawaran sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia FIFA 2034," kata Sameth dalam resmi AFF.


"Kami selalu berpendapat bahwa ASEAN yang secara kolektif merupakan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan terbesar ketujuh di dunia, memiliki potensi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia yang sukses. Piala Dunia FIFA yang diselenggarakan ASEAN akan memberikan manfaat ekonomi dan olahraga untuk kawasan ini dan juga memperkuat ikatan di antara 640 juta orang yang ada di dalamnya," lanjutnya.
Piala Dunia adalah turnamen olahraga paling bergengsi di dunia.Piala Dunia adalah turnamen olahraga paling bergengsi di dunia. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Gagasan untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia pertama kali diprakarsai Jepang dan Korea Selatan di Piala Dunia 2002. Kemudian, Asia kembali mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah lewat Qatar pada 2022 mendatang.

Pada 2018, FIFA telah menyepakati gelaran Piala Dunia 2026 bakal diambil alih Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko yang akan menjadi tuan rumah bersama.

"AFF akan melibatkan para pemangku kepentingan dan melihat kemungkinan pengajuan tuan rumah sambil mempertimbangkan faktor-faktor utama termasuk persyaratan minimum yang telah ditentukan sebelumnya untuk menjadi tuan rumah, jadwal, waktu, dan pertimbangan lainnya," terang Sameth.

AFF Dukung ASEAN Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034
Sebelumnya keinginan negara-negara ASEAN untuk maju sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 ikut menjadi pembahasan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6). Seperti yang diungkapkan Perdana Menteri Thailand,Prayut Chan-o-cha pada kesempatan tersebut.
Chan-o-cha mengungkapkan bahwa 10 negara ASEAN sepakat untuk maju mengikuti bidding untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034.

"Saya ingin memberi tahu orang-orang Asia Tenggara bahwa hari ini para pemimpin mendukung keinginan bersama ASEAN untuk mengembangkan upaya bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034," ujar Chan o-cha. (TTF/jun)