5 Pertarungan Penting Mike Tyson

CNN Indonesia | Sabtu, 29/06/2019 08:34 WIB
5 Pertarungan Penting Mike Tyson Mike Tyson menjalani 58 laga sepanjang karier. (AFP PHOTO / Carlos SCHIEBECK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mike Tyson mengakhiri karier dengan rekor 50 kemenangan dan 6 kekalahan. Berikut lima duel penting dalam karier tinju Mike Tyson.

Tyson merintis kariernya dari bawah dan membuktikan bahwa ia bisa jadi raja dunia. Karier Tyson diwarnai keterpurukan, kebangkitan, dan kemudian akhirnya benar-benar terpuruk tanpa bisa bangkit di akhir perjalanan.

Berikut lima pertarungan penting dalam karier Mike Tyson:


1. Mike Tyson vs Trevor Berbick

Mike Tyson menjalani tahun pertamanya dengan fenomenal karena ia menjalani 15 pertarungan dalam satu tahun dan semua sukses dimenangkan olehnya.

Karena penampilan sensasionalnya, Tyson akhirnya mendapat duel lawan Trevor Berbick yang merupakan duel perebutan juara dunia WBC.

Duel lawan Berbick adalah duel ke-28 dalam karier Tyson. Meski masih berusia 20 tahun, Tyson sama sekali tidak canggung dalam duel perebutan juara dunia perdana dalam kariernya.

5 Pertarungan Penting Mike TysonMike Tyson merobohkan Trevor Berbick. (AFP PHOTO)
Kecepatan dan kekuatan pukulan Tyson sukses menyulitkan Berbick. Berbick hanya bertahan dua ronde di hadapan Tyson.

Sebuah hook kiri membuat Berbick terjungkal. Berbick coba bangkit dan kemudian kembali terjungkal mengenai tali ring. Ia coba lagi berdiri, lagi terjatuh lagi. Saat ia berusaha kembali berdiri untuk ketiga kalinya, wasit memutuskan pertandingan selesai dengan kemenangan TKO untuk Tyson.

Tyson jadi juara dunia termuda dalam sejarah tinju dunia di usianya yang baru 20 tahun.

2. Mike Tyson vs James Douglas

Mike Tyson ada di puncak dunia. Ia punya segalanya. 'Iron Mike' bahkan beberapa kali terbilang cenderung meremehkan pertarungan dengan tidak bersiap diri secara serius namun tetap memenangkannya.

Duel Tyson lawan Douglas di Tokyo 1990 adalah salah satu duel yang dipandang sebelah mata oleh Tyson. Dalam lima duel sebelumnya, tak ada lawan yang bertahan lebih dari lima ronde.

5 Pertarungan Penting Mike TysonMike Tyson mengalami kekalahan perdana dalam kariernya ketika menghadapi James Buster Douglas. (AFP PHOTO/Paul. J. RICHARDS)
Namun Douglas ternyata lebih tangguh dari lawan-lawan Tyson sebelumnya. Ia tampil begitu gigih, penuh semangat, dan memiliki daya juang tinggi.

Meski pernah terjatuh karena uppercut Tyson, Douglas diselamatkan bel ronde. Douglas lalu mendapat momentum menyerang Tyson di ronde kesepuluh.

Kombinasi pukulan Douglas tidak bisa dibendung Tyson yang tersudut di pojok ring. Tyson menyentuh kanvas untuk pertama kalinya dan tak bisa berdiri dalam hitungan kesepuluh.

3. Mike Tyson vs Frank Bruno

Mike Tyson baru menyelesaikan hukuman penjara di tahun 1995 dan kemudian sukses mengalahkan Peter McNeeley dan Buster Mathis Jr. dalam dua laga awal.

Kemenangan itu mengantar Tyson berjumpa Frank Bruno dalam perebutan gelar juara dunia. Bruno sendiri sudah pernah dikalahkan oleh Tyson pada 1989.

5 Pertarungan Penting Mike Tyson
Tujuh tahun berlalu, Tyson menunjukkan bahwa ia masih ada di atas Bruno. Bruno hanya bisa bertahan tiga ronde di hadapan Tyson.

Kombinasi hook kiri dan uppercut kanan berulang membuat Bruno terduduk di tali ring dan dinyatakan kalah TKO.

4. Mike Tyson vs Evander Holyfield

Evander Holyfield awalnya adalah lawan berikutnya bagi Mike Tyson setelah duel lawan James Douglas di tahun 1990. Namun kekalahan Tyson membuat duel itu batal. Holyfield akhirnya merebut gelar juara dunia karena menang KO atas Douglas di ronde ketiga.

Pada tahun 1996, duel Tyson lawan Holyfield akhirnya terwujud. Tyson sudah kembali jadi juara dunia sedangkan Holyfield merupakan petinju tua berusia 34 tahun yang sudah lebih sering menelan kekalahan.
Evander Holyfield sukses mengalahkan Mike Tyson.Evander Holyfield sukses mengalahkan Mike Tyson. (AFP PHOTO/JEFF HAYNES)

Namun Holyfield sukses memanfaatkan kesempatan emas dengan tampil beringas di atas ring. Holyfield sukses membuat Tyson kalah TKO di ronde ke-11.

Kekalahan kedua dalam karier Tyson ini sebenarnya belum benar-benar menghancurkan Tyson. Ia masih punya kesempatan rematch.

Tetapi kesempatan rematch itu disia-siakan oleh Tyson. Ia malah melakukan aksi gigit kuping yang membuat dirinya diskualifikasi.

5. Mike Tyson vs Lennox Lewis

Setelah dua kali kalah dari Evander Holyfield, Mike Tyson ternyata masih punya kesempatan menjadi juara dunia. Ia berhadapan dengan Lennox Lewis yang sukses mengalahkan Holyfield.

Meski saat itu Lennox Lewis sudah berusia 37 tahun, setahun lebih tua dari Tyson, namun Lewis berada di puncak kariernya.

Lennox Lewis tak bisa ditandingi oleh Mike Tyson.Lennox Lewis tak bisa ditandingi oleh Mike Tyson. (JEFF HAYNES / AFP)
Lewis sukses menjinakkan Tyson dan memukul jatuh di ronde kedelapan. Pukulan kanan Lewis membuat Tyson jatuh dan tak bisa bangkit.

Setelah kalah dari Lewis, Tyson tak lagi mendapat kesempatan untuk bangkit. Tyson sempat menang lawan Clifford Etienne, namun dua kekalahan lawan Danny Williams dan Kevin McBride mengakhiri karier Tyson. (ptr/har)