Preview MotoGP Belanda 2019: Rival Wajib Jegal Marquez

CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 19:49 WIB
Preview MotoGP Belanda 2019: Rival Wajib Jegal Marquez MotoGP Belanda 2019 menjadi penting bagi para rival Marc Marquez. (REUTERS/Yves Herman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah kontroversi di MotoGP Catalunya dua pekan lalu, pecinta MotoGP berpeluang mendapatkan balapan yang seru di MotoGP Belanda 2019 yang akan digelar di Sirkuit Assen, Minggu (30/6).

Pecinta MotoGP disajikan kontroversi pada balapan di Catalunya yang dimenangi pebalap Repsol Honda Marc Marquez. Rekan setim Marquez, Jorge Lorenzo, terjatuh di lap kedua hingga membuat tiga rival Marquez: Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi juga terjatuh.

Hasil di Catalunya membuat para rival Marquez memberi respons di MotoGP Belanda demi mencegah The Baby Alien menjauh di puncak klasemen 2019. Marquez memasuki balapan di Sirkuit Assen akhir pekan ini dengan keunggulan 37 poin atas Dovizioso.


Bukan tugas mudah mengalahkan Marquez di Assen. Meski kemenangan musim lalu baru kemenangan kedua Marquez di MotoGP Belanda setelah pada 2014, namun The Baby Alien selalu naik podium sejak 2013 di salah satu sirkuit terpanjang pada kalender MotoGP musim ini.

Rival terdekat Marquez, Dovizioso harus bisa memangkas kehilangan 25 poin yang dialaminya di Catalunya. Pebalap asal Italia itu harus bisa finis di depan Marquez untuk kembali membuka peluang merebut gelar juara dunia MotoGP 2019.

Marc Marquez mengalahkan Alex Rins di MotoGP Belanda musim lalu.Marc Marquez mengalahkan Alex Rins di MotoGP Belanda musim lalu. (REUTERS/Yves Herman)
Dengan MotoGP Jerman yang dimajukan sepekan usai GP Belanda untuk membuat istirahat musim panas menjadi empat pekan menuju GP Republik Ceko usai jeda, balapan back-to back ini bisa menjadi penting untuk Dovizioso dalam mempertahankan harapan gelar juara dunia bersama Ducati.

Preview MotoGP Belanda 2019: Para Rival Mengejar Marquez
Dua korban malang lainnya di Catalunya, Rossi dan Vinales, bersama Yamaha Petronas Fabio Quartararo, menjadi pebalap yang patut diwaspadai Marquez di MotoGP Belanda. Pasalnya, Yamaha selalu memiliki hasil bagus di Sirkuit Assen.

Vinales adalah salah satu pebalap protagonis dalam balapan di Belanda pada 12 bulan yang lalu dengan finis di posisi ketiga. Melihat kecepatan Vinales di dua lap awal GP Catalunya, mantan pebalap Suzuki itu bisa menjadi salah satu kandidat peraih podium di Assen.

MotoGP Belanda 2018 berlangsung menarik.MotoGP Belanda 2018 berlangsung menarik. (REUTERS/Yves Herman)
Di trek yang kondisi cuaca yang sulit ditebak seperti Sirkuit Assen, Rossi merupakan pebalap dengan pengalaman paling banyak di MotoGP Belanda. The Doctor memiliki delapan kemenangan di MotoGP Belanda dengan terakhir terjadi dua musim lalu. Sukses di Belanda musim 2017 merupakan kemenangan terakhir Rossi di MotoGP.

Dua pembalap lain yang berpeluang naik podium di MotoGP Belanda 2019 adalah Alex Rins dan Danilo Petrucci yang saat ini berada di posisi tiga dan empat pada klasemen musim ini.

Layaknya pertandingan catur, hasil di Catalunya membuat para rival Marquez harus melakukan langkah penting untuk menyelamatkan musim mereka. Sebuah langkah yang diambil untuk mencegah Marquez menjauh di puncak klasemen.

Live streaming MotoGP Belanda 2019 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com pada Minggu (30/6). (mcf/ptr)