Kompany Yakin Arteta Cocok Gantikan Guardiola di Man City

nva, CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 00:56 WIB
Kompany Yakin Arteta Cocok Gantikan Guardiola di Man City Mikel Arteta (kanan) menemani Pep Guardiola di Man City sejak 2016. (Action Images via Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan kapten Manchester City, Vincent Kompany, merasa Mikel Arteta pantas menjadi manajer The Citizens jika Pep Guardiola hengkang dari Stadion Etihad.

Saat ini Guardiola masih memiliki kontrak dengan Man City hingga 2021. Sempat digosipkan akan meninggalkan Inggris dan merasakan atmosfer kompetisi Liga Italia bersama Juventus, Guardiola dipastikan masih akan menangani Sergio Aguero dan kawan-kawan pada musim mendatang.

Sebelumnya Guardiola hanya bertahan selama empat musim di Barcelona dan tiga musim di Bayern Muenchen, kendati selalu menghasilkan trofi bagi klub-klub kenamaan Eropa tersebut.


Melihat rekam jejak juru taktik asal Spanyol yang tidak pernah lama menangani tim, Man City pun dihadapi pada pencarian suksesor Guardiola.

Kompany Yakin Arteta Cocok Gantikan Guardiola di Man CityMikel Arteta memantau pemain Man City bersama Pep Guardiola. (Action Images via Reuters/John Sibley)
Menurut Kompany, Man City tidak perlu repot mencari calon pelatih dari luar karena keberadaan Arteta.

"Seharusnya saya siap dengan pertanyaan ini, tetapi saya terkejut. Saya rasa begini. Biarkan City berada di bawah arahan Pep yang merupakan klub luar biasa. Saya pikir mereka akan menjadi juara Liga Champions, semoga secepatnya, dan di belakang Pep ada Mikel arteta yang memiliki banyak pengetahuan yang layak untuk dipertimbangkan," ucap Kompany dikutip dari Manchester Evening News.

Kompany Yakin Arteta Cocok Gantikan Guardiola di Man City
Arteta sudah tiga musim menjadi asisten Guardiola di Man City. Mantan gelandang Arsenal tersebut sempat dikabarkan akan menjadi pengganti Arsene Wenger yang menyatakan pensiun pada 2018.

Kini Arteta menjadi salah satu sosok yang dikaitkan dengan Newcastle United setelah Rafael Benitez memastikan hengkang dari klub berjuluk The Magpies tersebut.

Sementara Kompany dipastikan tidak akan kembali bekerja sama dengan Guardiola dan Arteta karena memilih balik ke Anderlecht dengan status pemain sekaligus pelatih.

"Saya akan membangun karier, saya dipengaruhi Pep atau manajer hebat lain yang saya pernah tahu. Apakah saya akan menjadi bagus? Kita akan lihat," kata pemain asal Belgia itu. (nva/nva)