Man United Sempat Diminati Orang Terkaya Inggris

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 09:55 WIB
Man United Sempat Diminati Orang Terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe sempat berminat beli Manchester United. (Andy Buchanan / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sir Jim Ratcliffe pengusaha terkaya di Inggris sempat tertarik membeli Liga Primer Inggris Manchester United menggantikan dinasti keluarga Glazers sebagai pemilik saham mayoritas.

Pengusaha di industri petrokimia itu kemudian melakukan pendekatan dan menanyakan harga jual Setan Merah. Namun, Ratcliffe disebut mundur setelah Avram Glazers menyebut nilai jual Man United yang sangat tinggi.

Dikutip dari Mirror, Utdreport melaporkan Ratcliffe menganggap harga tersebut tak memiliki nilai jual yang sepadan. Pengusaha asal Amerika Serikat itu kabarnya sengaja mematok harga sangat tinggi agar tak ada yang berminat membelinya.


Ratcliffe yang memiliki kekayaan hingga £21 miliar (Rp392 triliun) sempat berencana membeli Chelsea. Namun, pemilik saat ini Roman Abramovich enggan melepas klubnya tersebut.

Man United Sempat Diminati Orang Terkaya InggrisAvram Glazers (tengah) masih belum mau melepas saham Manchester United. (Reuters / Andrew Yates)
Ratcliffe pernah meningkatkan penawaran menjadi £2,3 miliar (Rp43 triliun). Kendati demikian, Abramovich disebut masih mengotot tak akan melepas The Blues jika harganya kurang dari £2,5 miliar (Rp47 triliun). Padahal, Abramovich membeli Chelsea hanya sebesar £140 juta (Rp2,6 triliun) 15 tahun lalu.

Ratcliffe disebut-sebut sebagai salah satu penggemar The Blues. Ia selalu memiliki tiket terusan dalam waktu beberapa tahun terakhir ini untuk menonton tim itu di Stadion Stamford Bridge.

Man United Sempat Diminati Orang Terkaya Inggris
Meski demikian, Ratcliffe sudah sejak lama merupakan fan Setan Merah karena menghabiskan masa kecilnya di sekitaran Stadion Old Trafford. Pengusaha itu tampaknya ingin bernostalgia dengan masa kecilnya sembari membidik bisnis di Liga Primer Inggris. (bac/har)