Hasil Piala AFC 2019: PSM Gagal ke Final Zona ASEAN

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 17:27 WIB
Hasil Piala AFC 2019: PSM Gagal ke Final Zona ASEAN PSM Makassar (merah) gagal ke final Piala AFC zona ASEAN. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pd)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSM Makassar menang 2-1 atas Becamex Binh Duong di leg kedua semifinal zona ASEAN  Piala AFC di Stadion Pakansari, Rabu (26/6). Namun PSM gagal lolos ke babak final lantaran kalah produktivitas gol tandang setelah Becamex menang 1-0 di leg pertama.

Di laga kali ini Becamex memberikan sinyal bahaya kepada PSM saat laga berjalan tujuh menit. Striker Wander Luiz memiliki peluang usai mendapat operan dari lini tengah, namun bola bisa ditekel bek Abdul Rahman. Kesempatan Becamex unggul di awal pertandingan sirna.

PSM lebih banyak dapat tekanan dari Becamex. Namun lini pertahanan tuan rumah masih cukup solid membendung serangan tim tamu.


Di babak pertama PSM banyak kehilangan bola. Operan atau umpan pemain PSM kerap tidak tepat sasaran. Koordinasi antarpemain tim Angin Mamiri ini tampak lemah.

Juku Eja sesekali memberikan bahaya untuk Becamex. Salah satunya lewat sundulan Rizky Pellu di menit ke-23 hasil tendangan bebas Wiljan Pluim. Tetapi sundulan Rizky masih melayang di atas mistar lawan.

Kans PSM mencetak gol datang di menit ke-26 saat Pluim memberikan operan pendek mendatar ke depan gawang Becamex, namun tidak ada pemain PSM yang menyambut bola tersebut. Peluang PSM pun hilang setelah bola bisa dibuang dengan baik oleh bek Becamex.

PSM memiliki sejumlah peluang yang gagal dimanfaatkan menjadi gol.PSM memiliki sejumlah peluang yang gagal dimanfaatkan menjadi gol. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Sundulan Wander Luiz di menit ke-33 memanfaatkan Ho Tan Tai dari sisi kanan tipis di atas mistar Rivki.

Ho Tan Tai kembali memberikan umpan akurasinya di menit ke-37. Tetapi Nguyen Tien Linh yang menerima operan tersebut gagal memanfaatkan peluang itu jadi gol.

Sontekan Tien Linh yang sudah berhadapan dengan kiper Rivki Mokodompit hanya menyamping tipis di sisi kanan gawang PSM.

Di menit ke-42 bola terlihat mengenai tangan kanan bek Nguyen Thanh Thao. Tetapi wasit Ahmed Faisal Mohammed Al Ali justru memberikan tendangan bebas kepada Becamex.

Upaya Becamex unggul di babak pertama tercipta di menit injury time setelah Wander Luiz membobol gawang Rivki Mokodompit di menit ke-45+3 memanfaatkan umpan silang Ho Tan Tai dari sisi kanan. Sundulan Luiz ke pojok kiri atas gawang PSM membuat Rivki tidak berkutik.

Becamex terus menekan PSM di babak kedua. Namun sesekali PSM memiliki kesempatan melakukan serangan balik.

Di menit ke-52 PSM bisa saja menyamakan kedudukan jika Beny Wahyudi sedikit bersabar. Operan M Rahmat langsung disambut tendangan kaki kiri Beny dari luar kotak penalti yang membuat bola melayang jauh.

Padahal, di kotak penalti ada sejumlah pemain PSM seperti Wiljan Pluim dan Zulham Zamrun yang siap menerima operan dari sisi kiri.

Empat menit berselang giliran Eero Markkanen yang gagal memanfaatkan peluang dari Zulham. Sundulan Markkanen masih menyamping di sisi kanan.

Hasil Piala AFC 2019: PSM Gagal ke Final Zona ASEAN
Di babak kedua PSM lebih banyak mengandalkan umpan-umpan silang dari sisi kanan dan kiri setelah kesulitan membongkar pertahanan Becamex dari tengah. Namun sejumlah operan dari kedua sisi itu masih gagal membuahkan hasil.

Becamex yang sudah unggul agregat 2-0 tetap memberikan tekanan kepada PSM. Di menit ke-69 Victor Mansaray melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti, tetapi menyamping tipis dari gawang Rivki.

PSM baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-75 setelah Ho Tan Tai melakukan gol bunuh diri. Niat hati ingin membuang bola umpan sulang Zulham, sundulan Tan Tai justru masuk ke gawang sendiri.

Tidak berselang lama PSM hampir saja berbalik unggul. Tetapi sundulan Markkanen hasil umpan silang dari sisi kanan masih melayang tipis di atas mistar lawan.

PSM kembali menambah gol untuk membalikkan skor di menit ke-87 lewat sontekan bek Aaron Evans memanfaatkan sepak pojok Zulham Zamrun.

PSM memiliki sejumlah peluang di sisa pertandingan. Akan tetapi tidak ada tambahan gol yang tercipta. Hasil akhir 2-1 untuk PSM itu membuat agregat kedua tim menjadi imbang 2-2. Dengan agregat itu tim asuhan Darije Kalezic gagal ke babak final setelah kalah dalam produktivitas gol tandang.

Susunan Pemain

PSM: Rivki Mokodompit; Asnawi Bahar, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi; Muhammad Rachmat, Rasyid Bakri, Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim; Eero Markkanen.

Becamex: Tran Duc Cuong; Nguyen Thanh Thao, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Long, Ali Rabo; Wander Luiz, Victor Mansaray, Nguyen Tien Linh, Nguyeng Trong Huy; Nguyen Anh Duc, Le Tan Tai. (sry/ptr)