Australia dan Indonesia Bahas Tuan Rumah Piala Dunia 2034

CNN Indonesia | Kamis, 27/06/2019 13:03 WIB
Australia dan Indonesia Bahas Tuan Rumah Piala Dunia 2034 Australia mengajak Indonesia jadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. (AFP PHOTO / Yuri KADOBNOV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Federasi Sepak Bola Australia (FFA) menyatakan telah menggelar pembicaraan dengan PSSI terkait pengajuan diri sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Pernyataan resmi FFA itu dikutip dari Reuters. Namun, dalam pernyataan itu tidak disebutkan waktu pertemuan antara FFA dan PSSI.

"Federasi Sepak Bola Australia mengonfirmasi telah berdiskusi dengan Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengenai kemungkinan bersama-sama mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia 2034," bunyi pernyataan FFA yang diterima Reuters pada Kamis (27/6).


"Pengajuan tuan rumah bersama Australia-Indonesia juga didiskusikan pada pekan lalu dalam pertemuan ASEAN Football Federation Council di Laos."

Australia dan Indonesia Bahas Rencana Piala Dunia 2034Stadion Utama Gelora Bung Karno bakal jadi andalan utama jika Indonesia maju jadi tuan rumah Piala Dunia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pernyataan FFA muncul hanya beberapa hari setelah Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha mengungkapkan sepuluh negara ASEAN, termasuk Indonesia akan mengajukan tawaran jadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Hal itu juga menjadi pembahasan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Bangkok, Minggu (23/6).

"FFA menyambut baik kesempatan untuk membahas lebih lanjut keinginan ASEAN untuk jadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034," tulis pernyataan resmi FFA.

Australia dan Indonesia Bahas Rencana Piala Dunia 2034
Sementara itu Anggota Exco PSSI, Refrizal, ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com mengatakan belum ada pembahasan lebih lanjut maupun keputusan terkait pengajuan diri Indonesia-Australia atau negara dari kawasan ASEAN untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Namun, Refrizal tidak menutup kemungkinan rencana jadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 akan dibahas saat rapat Exco di kantor PSSI, Jumat (28/6).

"Kalau [Piala Dunia] untuk senior, saya tidak tahu. Belum ada pembahasan khusus di Exco, belum ada keputusan. Karena untuk Piala Dunia 2034 itu harus didukung pemerintah, jadi tidak gampang. Kalau [pengajuan diri Indonesia] untuk Piala Dunia U-20 2021 sudah jelas," ucap Refrizal. (TTF/jal)