Selamat Ulang Tahun, Mike Tyson!

CNN Indonesia | Minggu, 30/06/2019 06:05 WIB
Selamat Ulang Tahun, Mike Tyson! Mike Tyson berulang tahun ke-53. (GERARD BURKHART / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika ada jajak pendapat tentang 10 olahragawan paling terkenal sepanjang masa, maka Mike Tyson adalah salah satu kandidat yang layak masuk di dalamnya.

Mike Tyson tidak sempurna. Ia juga pensiun bukan dengan rekor tak terkalahkan. Tyson yang sempat tak tersentuh di awal kariernya, pensiun dengan catatan enam kekalahan, lima di antaranya kalah KO/TKO.

Petinju-petinju yang mengalahkan Tyson pun bukan hanya petinju hebat macam Evander Holyfield dan Lennox Lewis, melainkan juga petinju tak terkenal macam Danny Williams dan Kevin McBride.


Meski di awal karier Tyson dikenal sebagai petinju tangguh tak terkalahkan, pada akhirnya cerita Tyson adalah cerita yang tidak semonoton itu. Cerita hidup Tyson yang berliku membuat kisah hidupnya jauh lebih menarik.

Mike Tyson telah melewati berbagai macam fase hidup yang mungkin ditempuh seorang manusia.Mike Tyson telah melewati berbagai macam fase hidup yang mungkin ditempuh seorang manusia. (JOHN RUTHROFF / AFP)
Tyson sudah melewati berbagai macam fase hidup yang mungkin dilewati manusia. Tyson pernah sangat menderita dan kekurangan ketika anak-anak. Ia pernah bisa dengan mudah mendapatkan jutaan dollar hanya dalam hitungan menit.

Tyson pernah berdiri di puncak dunia, menjadi juara dunia termuda di usia 20 tahun, kemudian memiliki segalanya. Namun ia lalu jatuh terpuruk, sampai dasar keterpurukan.

Tyson mendekam di penjara lantaran kasus pemerkosaan, beberapa tahun berselang setelah menelan kekalahan pertama dalam kariernya. Kasus itu membuat Tyson harus merelakan usia emasnya melayang. Ia tak bisa bertinju pada umur 26-29 tahun.

Selamat Ulang Tahun, Mike Tyson!Kisah Mike Tyson selalu menarik diikuti. (JEFF HAYNES / AFP)
Penjara tidak melunturkan karisma Tyson. Ketika ia kembali naik ring, masih banyak yang mendukungnya.Saat Tyson sukses jadi juara dunia, masih banyak yang turut gembira karenanya.

Selamat Ulang Tahun, Mike Tyson!
Saat Tyson melakukan hal memalukan ketika menggigit telinga Holyfield, tak semua berpaling darinya. Pun begitu halnya ketika Tyson tak lagi mampu merangkak naik menjadi petinju nomor satu dunia.

Jauh setelah Mike Tyson pensiun, namanya masih mampu jadi sumber cerita. Entah cerita tentang kehebatan-kehebatan di masa lalu, atau mimpi barunya membangun kerajaan bisnis ganja.

Selamat Ulang Tahun, Mike Tyson! (ptr/jun)