Cerita di Balik Enam Tato Mike Tyson

CNN Indonesia | Sabtu, 29/06/2019 12:58 WIB
Cerita di Balik Enam Tato Mike Tyson Mike Tyson memiliki sejumlah tato di tubuhnya. (AFP PHOTO/Paul. J. RICHARDS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda tinju dunia yang punya julukan 'The Baddest Man on The Planet', Mike Tyson memiliki setidaknya enam tato yang memiliki cerita dan alasan dalam pembuatannya.

Tyson merupakan pemegang rekor petinju termuda yang memenangkan gelar juara dunia kelas berat WBC, WBA dan IBF. Selain prestasi di ring tinju, Tyson juga lekat dengan bermacam kontroversi.

Tyson juga identik dengan sejumlah tato yang melekat pada dirinya. Salah satu tato yang identik dengan Tyson adalah tato di wajah miliknya. Tato itu baru diukir oleh Tyson pada tahun 2003.


Dilansir Ladbible, awalnya Tyson menginginkan sesuatu yang berbeda untuk ditempelkan secara permanen di wajahnya. Berbicara dalam sebuah wawancara di In Depth, Tyson mengungkapkan bahwa ia ingin wajahnya ditutupi tato jantung yang menurutnya keren dan dapat membuatnya dikenal dengan sebutan 'The Man of Hearts'.

Ada tato Che Guevara di perut kiri Mike Tyson.Ada tato Che Guevara di perut kiri Mike Tyson. (GERARD BURKHART / AFP)
Seorang artis tato kemudian menyarankan Tyson untuk tidak melakukannya. Namun, alasan dibalik tinta permanen yang terukir di wajah Tyson ternyata jauh lebih kompleks.

Pada film dokumenter Tyson yang dirlis 2008 silam, ia menyebut tato itu mewakili 'status prajurit'. Bentuknya mirip dengan desain yang dimiliki anggota suku Maori, suku prajurit di Selandia Baru.

Cerita di Balik 6 Tato Mike Tyson
Tato tersebut dibuat untuk menakut-nakuti musuh dalam sebuah pertempuran. Sehingga ia tak membutuhkan sesuatu yang lebih untuk membuatnya lebih terkesan menakutkan selain desain tato yang menurutnya keren.

"Saya pikir [tato] itu sangat bagus. Saya hanya berpikir itu adalah tato yang keren. Saya suka tato ini, lebih dari satu juta orang memilikinya. Jadi saya melakukan hal yang baik. Ini hal yang bagus," sebut Tyson.

Tato Mao Zedong di bahu kanan Mike Tyson.Tato Mao Zedong di bahu kanan Mike Tyson. (JEFF HAYNES / AFP)
Selain tato di wajah, Tyson juga memiliki tato berbentuk pemimpin China, Mao Zedong di lengan kanannya. Tato lain yang dimiliki Tyson yakni wajah Che Guevara di bagian tulang rusuknya.

Tato keempat Tyson berada di tangan bagian kirinya yaitu mantan istrinya, Monica Turner. Tyson juga memiliki tato Dre Drocher di bagian lengan kanannya. Ada yang menyebut sebenarnya nama dari tato itu adalah 'der drachen' yang dalam bahasa Jerman diartikan sebagai The Dragon.

Tato terakhir milik Tyson terletak di bagian bahu kirinya. Tato tersebut merupakan potret dari Arthur Ashe. Ashe adalah juara tenis yang populer karena upayanya untuk tujuan sosial yakni membantu para penderita AIDS. (ptr/har)