Pelatih Venezuela: Jangan Pernah Berpikir Hentikan Messi

bac, CNN Indonesia | Jumat, 28/06/2019 09:33 WIB
Pelatih Venezuela: Jangan Pernah Berpikir Hentikan Messi Venezuela tak memikirkan strategi untuk hentikan Lionel Messi. (REUTERS/Diego Vara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Venzuela, Rafael Dudamel mengatakan jangan pernah berpikir untuk bisa menghentikan Lionel Messi saat timnya menghadapi Argentina, Jumat (28/6) malam waktu setempat.

Dudamel mengatakan belum ada satu pun pelatih yang sukses membuat formulasi strategi khusus untuk menghentikan Messi.

"Saya ingat yang terjadi pada 1985 [kualifikasi Piala Dunia lawan Argentina di San Cristobal]. Kami membuat rencana khusus untuk menghentikan [Diego] Maradona. Namun, dia masih saja mencetak dua gol dan Argentina menang 3-2," ujar Dudamel.


Atas pengalam tersebut, Dudamel semakin yakin tak ada gunanya menghentikan pemain hebat seperti Messi dan Maradona.

Lionel Messi jadi momok bagi Venezuela. (Lionel Messi jadi momok bagi Venezuela. (REUTERS/Diego Vara)
"Saya tak ingin membuang waktu untuk mencari cara menyetop salah satu pemain terbaik di dunia. Hanya ada rencana permainan kolektif."

"Belum ada pelatih yang bisa menghentikan Messi itu juga bukan kami," kata Dudamel.

Venezuela memastikan lolos ke perempat final setelah mengalahkan Bolivia 3-1. Mereka bermain imbang tanpa gol lawan Peru dan Brasil di fase grup.

Sementara Argentina lolos ke perempat final dengan status runner-up Grup B setelah mengalahkan Qatar 2-0. Messi sejauh ini baru mencetak satu gol. (bac)