Rivalitas Mike Tyson vs Michael Jordan

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 30/06/2019 12:11 WIB
Rivalitas Mike Tyson vs Michael Jordan Ada dua Michael yang terkenal di dunia olahraga sejak 80-an. Satu bernama Michael Jordan, satu lainnya bernama Michael Tyson alias Mike Tyson. (CHRIS WILKINS / AFP & John GRUZINSKI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada dua Michael yang terkenal di dunia olahraga sejak 80-an. Satu bernama Michael Jordan, satu lainnya bernama Michael Tyson alias Mike Tyson.

Michael Jordan datang ke NBA pada tahun 1984. Jordan sudah dikenal sebagai pemain berbakat sejak masa kuliah dan ia turut membawa Amerika Serikat jadi juara Olimpiade 1984.

Chicago Bulls jadi klub yang beruntung mendapatkan Jordan. Di musim pertamanya, 1984/1985, Jordan sudah mencetak angka 28,2 poin per gim dan menjelma jadi bintang baru NBA.


Tyson baru menjalani pertarungan profesional pada 1985. Nama Tyson langsung mencuri perhatian karena ia menjalani 15 duel di tahun pertamanya dan memenangkan seluruh laga tersebut dengan KO/TKO.

Tyson tak butuh waktu lama untuk mendapat kesempatan jadi juara dunia. Di tahun kedua kariernya, Tyson mampu jadi juara dunia di usia 20 tahun.

Tyson menaklukkan Trevor Berbick lewat kemenangan TKO di ronde kedua. Tyson resmi jadi juara dunia termuda dalam sejarah kelas berat.
Rivalitas Mike Tyson vs Michael JordanFoto: Elsa/Getty Images/AFP

Tahun-tahun berikutnya adalah masa keemasan Tyson. Ia benar-benar jadi ikon tinju dunia.

Sementara itu Jordan juga terus melanjutkan trennya sebagai mesin pencetak angka jempolan di NBA meski ia belum pernah merasakan gelar juara NBA.

Dalam sebuah kesempatan, Mike Tyson dan Michael Jordan disebut nyaris berkelahi saat duduk di meja makan yang sama.

Menurut mantan manajer Tyson, Rory Holloway, Tyson yang mabuk mulai mengintimidasi Jordan. Salah satu sebabnya adalah Robin Givens. Givens merupakan mantan istri Tyson dan pernah menjalin asmara dengan Jordan sebelum ia bertemu Tyson.

"Jordan seperti melihat hantu. Seperti pria lain, Tyson punya ego dan ia mendengar rumor yang beredar. Mike Tyson saat itu dikenal dengan sebutan 'Orang Terjahat di Bumi'.

"Tyson mulai berkata pada Jordan: 'Saya tahu kamu berhubungan intim dengannya. Jordan lalu menunggu reaksi berikutnya Mike Tyson apakah tertawa atau lainnya," ucap Holloway dikutip dari Chicago Tribune.

Saat itu Mike Tyson dipengaruhi minuman keras dan Tyson bukanlah sosok yang terbiasa minum minuman keras sehingga ia seperti anak kecil yang pertama kali mabuk.

Semua orang yang ada di meja yang sama termasuk Don King coba mengalihkan topik pembicaraan namun Tyson tetap fokus pada Jordan. Beruntung tidak ada perkelahian fisik yang terjadi di ujung peristiwa tersebut.

Saat Tyson mengalami kejatuhan dengan kekalahan perdana yang ia alami, Jordan justru memasuki periode emas. Jordan dan Bulls merebut tiga gelar beruntun alias three peat saat Tyson tengah menjalani hukuman penjara akibat kasus pemerkosaan.

Rivalitas Mike Tyson vs Michael Jordan
Saat Tyson keluar dari penjara, Jordan juga baru saja memutuskan kembali ke lapangan basket usai pensiun beberapa saat.

Jordan lalu membawa Chicago Bulls juara NBA tahun 1996, seperti halnya Tyson yang juga kembali jadi juara dunia di tahun yang sama.

Namun kisah Jordan dan Tyson berbeda memasuki akhir karier. Jordan sukses menyudahi karier gemilang dengan three peat kedua bersama Chicago Bulls pada 1998.

Meski sempat kembali bersama Washington Wizards di tahun 2002, namun saat itu Jordan tak lagi membidik prestasi.

Sementara itu Tyson menjalani pengujung karier dengan catatan buruk. Dua kekalahan dari EVander Holyfield ditelan Tyson pada 1996 dan 1997.

Tyson mencoba bangkit dan mendapat kesempatan pertarungan juara dunia pada 2002 melawan Lennox Lewis. Namun Tyson kembali gagal pada kesempatan terakhir tersebut.

'Iron Mike' akhirnya menyudahi karier pada 2005 usai menelan dua kekalahan beruntun dari Danny Williams dan Kevin McBride. (ptr)