Hasil F1 GP Austria: Verstappen Juara Tapi Kena Investigasi

CNN Indonesia | Minggu, 30/06/2019 22:35 WIB
Hasil F1 GP Austria: Verstappen Juara Tapi Kena Investigasi Max Verstappen juara F1 GP Austria 2019. (REUTERS/Lisi Niesner)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen berhasil menjadi yang tercepat pada F1 GP Austria 2019 di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (30/6).

Verstappen keluar sebagai pemenang setelah melewati pertarungan sengit dengan Charles Leclerc. Verstappen baru berhasil melewati Leclerc di dua lap terakhir.

Kendati demikian, kemenangan Verstappen masih dalam investigasi pengawas balapan. Ia diduga melakukan pelanggaran saat menyalip Leclerc pada tikungan ketiga di lap ke-69 dari total 71 lap.


Sejauh ini, Verstappen masih ditetapkan sebagai juara GP Austria diikuti Leclerc yang harus puas finis di posisi kedua. Sementara urutan ketiga dihuni pebalap Mercedes Valtteri Bottas.

Charles Leclerc meninggalkan podium lebih cepat.Charles Leclerc meninggalkan podium lebih cepat. (REUTERS/Lisi Niesner)
Sedangkan posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton.

Verstappen pun menanggapi pertanyaan kemungkinan sanksi penalti karena dianggap melakukan aksi berbahaya saat melewati Leclerc di lap ke-69.

Pebalap 21 tahun itu memaksa menyalip Leclerc di tikungan hingga ban depan keduanya bersenggolan. Insiden ini membuat Leclerc sedikit terdorong keluar lintasan meski tetap bisa melanjutkan balapan.

Hasil F1 GP Austria: Verstappen Juara Tapi Kena Investigasi
Sesuai balapan, Verstappen mengklaim aksinya adalah bagian dari aksi yang memang biasa terjadi di ajang Formula One. Ia yakin apa yang dilakukannya bukan sebuah pelanggaran.

"Ini adalah balapan yang sulit dan kami harus berdiam di rumah masing-masing jika hal tersebut tidak diperbolehkan. Apa gunanya bersaing di ajang F1?" kata Verstappen usai balapan.

Meski demikian, kemenangan di GP Austria membuat Verstappen melesat ke posisi ketiga klasemen sementara F1 2019 dengan raihan 126 poin.

Sementara itu puncak klasemen masih dikuasai Hamilton yang menyisakan jarak 31 poin dari Bottas yang berada di posisi kedua.

Hasil F1 GP Austria 2019:

(jun/jun)