Sidang Tuntutan Joko Driyono Kembali Ditunda

CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 18:56 WIB
Sidang Tuntutan Joko Driyono Kembali Ditunda Sidang Tuntutan Joko Driyono kembali ditunda. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sidang tuntunan Eks Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (2/7), kembali ditunda karena Jaksa Penuntut Umum belum siap membacakan tuntutan.

Majelis hakim yang dipimpin Kartim Haerudin mengatakan terdakwa Joko Driyono bisa dibebaskan dari masa tahanan yang habis pada 24 Juli mendatang.

"Perlu majelis ingatkan perkara ini mengenai masa tahanan tidak dapat diperpanjang sampai ke pengadilan tinggi. Habis masa tahanan sampai 24 Juli, jika lewat waktu terdakwa harus dilepaskan dari tahanan," ucap Hakim Kartim di persidangan.


Jokdri ditetapkan sebagai terdakwa kasus penghilangan barang bukti saat penggeledahan Satgas Antimafia Bola setelah ditetapkan sebagai tersangka pada 15 Februari lalu. Setelah empat kali menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Jokdri resmi menjadi tahanan sementara Polda Metro Jaya atas kasus tersebut selama 20 hari sejak 25 Maret 2019.

Hampir tiga bulan terakhir Jokdri menjadi tahanan di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan mulai dari 12 April lalu. Menurut peraturan persidangan kasus perkara Jokdri seharusnya sudah bisa diputuskan Rabu (10/7) mendatang atau sudah diputus hukumannya 10 hari sebelum masa tahanan terdakwa berakhir.

Masa penahanan Joko Driyono akan berakhir 24 Juli.Masa penahanan Joko Driyono akan berakhir 24 Juli. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Namun sepekan sebelum batas terakhir putusan, JPU masih belum juga bisa membacakan tuntutan. Padahal masih ada tahapan proses sidang yang masih harus dilewati, termasuk pembacaan pledoi dari kuasa hukum Joko Driyono kemudian dilanjut replik dan duplik sebelum dibacakannya putusan akhir.

"Setidaknya 10 hari sebelum tanggal 24, sesuai aturan sudah harus putus. Jadi tanggal 14 [Juli 2019] selambat-lambatnya [sudah harus diputus]," ucap Kartim.

Majelis hakim juga meminta kepada kuasa hukum Jokdri untuk segera menyiapkan pledoi atau pembelaan yang dijadwalkan bakal dibacakan dalam sidang yang digelar Selasa (9/7).

Sidang Tuntutan Joko Driyono Kembali Ditunda
"Lebih cepat lebih baik, khawatir ada replik dan duplik. Mudah-mudahan tidak, sebenarnya perkara ini sederhana, orangnya saja yang tidak sederhana," ungkapnya.

Rencananya sidang tuntutan bakal kembali digelar Kamis (4/7).

"Sehubungan dengan putusan persidangan kami belum siap memberikan tuntutan kami mohon untuk ditunda. Kami sedang mempersiapkan tuntutan. Jadi tuntutan tersebut belum siap, masih draf belum final. Kamis tanggal 4 Insya Allah," ucap Jaksa Penuntut Umum yang dibacakan Ferry Ekawirya.

Jokdri tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sekitar pukul 16.00 WIB. Ia langsung dibawa ke ruang tunggu tahanan sebelum sidang dimulai sekitar pukul 17.45 WIB dan berlangsung selama lima menit.

Jokdri yang datang mengenakan kemeja biru muda itu tampak melemparkan sedikit senyuman kepada awak media yang menyambutnya di depan PN Jakarta Selatan. Namun sampai sidang berakhir tak sepatah kata pun terucap dari Jokdri. (TTF/bac)