Marciano Bakal Selesaikan Tunggakan Gaji Pegawai KONI

CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 20:05 WIB
Marciano Bakal Selesaikan Tunggakan Gaji Pegawai KONI Ketua KONI, Marciano Norman, meminta waktu 100 hari untuk menyelesaikan urusan finansial organisasinya. (Foto: Arie Riswandy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (Ketum KONI) periode 2019-2023, Marciano Norman, berjanji bakal membereskan persoalan keterlambatan gaji karyawan yang hingga kini belum terselesaikan.

Marciano merasa harus melakukan konsolidasi internal untuk mempelajari secara tajam permasalahan yang ada di awal kepemimpinannya. Ia mengatakan hal-hal yang berkaitan dengan pegawai dan anggota KONI di tingkat bawah yang berkaitan dengan permasalahan finansial harus dicarikan jalan keluar.

"Itu harus menjadi prioritas dalam langkah penyelesaian saya, itu harus jadi prioritas dalam 100 hari kerja saya. Saya harapkan pada 100 hari, bahkan saya berharap dukungan saudara-saudara sebelum itu [100 hari], masalah ini sudah bisa kita selesaikan," kata Marciano kepada para awak media di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (2/6).


Mengenai pendanaan KONI, Marciano juga menyampaikan harus dicari jalan keluarnya. Ia minta diberi waktu untuk menyelesaikan segala persoalan yang terjadi dalam lingkup KONI. "Itu [pendanaan KONI] harus jadi prioritas saya untuk menyelesaikannya. Tolong kawal dan kritik saya kalau pada waktunya saya tidak bisa menyelesaikan," katanya menambahkan.

Marciano Norman terpilih sebagai Ketua Umum KONI periode 2019-2023. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Lebih lanjut, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut berharap KONI tidak bergantung ke Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), khususnya hal-hal yang berkaitan dengan gaji pegawai.

"Satu tujuan saya adalah menuju kemandirian KONI. Pasti ada langkah dan saatnya, sehingga ketergantungan KONI kepada pemerintah semakin hari semalin berkurang," ucapnya melanjutkan.

Di sisi lain, mantan Wakil I Ketum KONI Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Pembinaan Organisasi periode 2015-2019, Suwarno, menyampaikan Ketum KONI periode sebelumnya, Tono Suratman, sudah mengambil langkah penyelesaian keterlambatan gaji karyawan.

Berbeda dengan pemikiran Marciano, Suwarno malah menilai KONI tetap butuh bantuan dana dari Kemenpora di masa mendatang.

Marciano Soal Gaji Telat KONI: Prioritas 100 Hari Kerja
"Sebetulnya tergantung pada dukungan yang diberikan Kemenpora. Dukungan Kemenpora itu tidak mencakup masalah gaji, tapi selama ini bentuknya kegiatan," ujar Suwarno.

"Nah harapannya nanti Kemenpora paling tidak bisa memberikan dukungan karena sebetulnya secara undang-undang kan pemerintah wajib memberikan dukungan pada pembinaan olahraga. Memang tidak disebutkan wajib memberikan dukungan kepada KONI atau cabor. Yang mewajibkan bukan saya tapi undang-undang."

Suwarno yakin ada solusi menyangkut gaji pegawai KONI jika pemerintah memberikan dukungan. "Di samping itu, Pak Marciano kan punya jaringan yang lebih luas. Harapannya bisa mencari solusi untuk mengatasi kesulitan selama ini," tutur Suwarno. (jal/bac)