Vargas Bikin Chile Semakin Malu di Semifinal Copa America

CNN Indonesia | Kamis, 04/07/2019 11:29 WIB
Vargas Bikin Chile Semakin Malu di Semifinal Copa America Eduardo Vargas gagal mencetak gol melalui penalti panenka. (REUTERS/Diego Vara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chile gagal mempertahankan gelar juara Copa America 2019 setelah dikalahkan Peru 0-3 di babak semifinal, Kamis (5/7) pagi WIB. Kekalahan telak itu makin terasa pahit setelah penalti panenka Eduardo Vargas di saat injury time berakhir kegagalan.

Dalam laga lawan Peru, Chile mendominasi penguasaan bola sepanjang laga. Arturo Vidal dan kawan-kawan juga lebih banyak menghasilkan peluang dan ancaman ke gawang lawan.

Namun Peru tampil jauh lebih efektif. Mereka sukses mencetak tiga gol hanya dari tiga tembakan tepat sasaran yang mereka lakukan.


Edison Flores, Yoshimar Yotun, dan Paolo Guerrero bergantian membobol gawang Chile di laga tersebut.

Ketika pertandingan sudah memasuki menit kelima masa injury time, Chile mendapatkan tendangan penalti setelah wasit Wilmar Roldan memastikan terjadi pelanggaran di kotak penalti lewat VAR.

Chile harus mengubur ambisi untuk lolos ke final Copa America.Chile harus mengubur ambisi untuk lolos ke final Copa America. (REUTERS/Diego Vara)
Eduardo Vargas kemudian maju sebagai eksekutor. Dengan mengambil langkah cepat, Vargas melakukan tendangan penalti panenka.

Kiper Peru Pedro Gallese ternyata mampu menebak niat Vargas dengan sangat baik. Gallese tetap berdiri di tengah dan tidak meloncat.

Penalti Panenka Menyedihkan Vargas Lengkapi Kegagalan Chile
Gallese lalu berhasil membendung bola dengan tangan kiri sebelum akhirnya menangkap bola dengan sempurna. Kegagalan Vargas mencetak gol membuat Chile pulang dengan kekalahan telak 0-3.

Kekalahan Chile di tangan Peru ini membuat mereka harus mengubur ambisi meraih gelar juara Copa America untuk tiga kali beruntun. Sebelumnya, Chile adalah juara Copa America 2015 dan 2016.

Peru akan menghadapi tuan rumah Brasil pada final Copa America 2019 di Stadion Maracana, Senin (8/7) dini hari WIB. (ptr/sry)