Kalahkan Inggris, Swedia Peringkat Ketiga Piala Dunia Wanita

CNN Indonesia | Minggu, 07/07/2019 00:03 WIB
Kalahkan Inggris, Swedia Peringkat Ketiga Piala Dunia Wanita Timnas Swedia kalahkan Inggris 2-1 di perebutan tempat ketiga. (REUTERS/Eric Gaillard)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Swedia meraih peringkat ketiga Piala Dunia Wanita 2019 setelah mengalahkan Inggris 2-1 di Stadion Allianz Riviera, Sabtu (6/7).

Swedia unggul lebih dahulu lewat gol Kosovore Asllani yang membobol gawang lawan di menit ke-11 karena kesalahan bek Inggris, Alex Greenwood. Gol pembuka Swedia itu bermula dari umpan silang dari sisi kiri, namun Greenwood gagal membuang bola itu dengan sempurna.

Bola yang bergerak liar di kotak penalti Inggris langsung disambut Asllani dengan sepakan kaki kanan yang tak bisa dimentahkan kiper Carly Telford.


Swedia menambah keunggulan 11 menit setelah gol pertama lewat Sofia Jakobsson di menit ke-22 yang memanfaatkan assist Stina Blacktenius.

Menjelang babak pertama berakhir gelandang Fran Kirby memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Umpan terobosan dari lini tengah berhasil dikonversi Kirby yang menyerang dari sektor sayap kiri menjadi gol.

Kosovore Asllani (kanan) memberikan keunggulan untuk Swedia di babak pertama.Kosovore Asllani (kanan) memberikan keunggulan untuk Swedia di babak pertama. (REUTERS/Eric Gaillard)
Usai menerima operan Jill Scott, Kirby menggiring bola hingga kotak penalti lawan lalu mengecoh Linda Sembrant sebelum menembakkan bola dengan kaki kiri ke sudut kanan bawah gawang Hedvig Lindahl.

Di awal-awal babak kedua timnas Inggris mengambil alih serangan. Tim asuhan Philip Neville ini mencoba menekan lewat Jill Scoot di menit ke-57, tetapi tembakannya diblok bek Swedia.

Gol Fran Kirby (kiri) tak mampu selamatkan Inggris dari kekalahan.Gol Fran Kirby (kiri) tak mampu selamatkan Inggris dari kekalahan. (REUTERS/Jean-Paul Pelissier)
Julia Zigiotti mencoba membalas serangan Inggris. Tetapi tembakannya di menit ke-66 tidak berhasil mengenai sasaran.

Kalahkan Inggris, Swedia Peringkat Ketiga Piala Dunia Wanita
Timnas Inggris tampil mendominasi di sisa pertandingan. Namun belum berhasil menambah gol untuk menyamakan kedudukan. Upaya dari Ellen White di menit ke-81 masih melebar dari sisi gawang Swedia.

Timnas Swedia keluar sebagai pemenangan dengan meraih peringkat ketiga Piala Dunia Wanita 2019 dengan mengalahkan Inggris 2-1.

Susunan Pemain:

Inggris: Carly Telford; Lucy Bronze, Steph Houghton, Abbie McManus, Alex Greenwood; Fran Kirby, Jill Scott, Jade Moore; Nikita Parris, Ellen White, Beth Mead.

Swedia: Hedvig Lindahl; Hanna Glas, Nilla Fischer, Linda Sembrant, Magdalena Eriksson; Nathalie Bjorn, Kosovare Asllani, Caroline Seger; Sofia Jakobsson, Stina Blackstenius, Fidolina Rolfo. (sry/sry)