Amerika Serikat Juara Piala Dunia Wanita 2019

CNN Indonesia | Minggu, 07/07/2019 23:58 WIB
Amerika Serikat Juara Piala Dunia Wanita 2019 Amerika Serikat juara Piala Dunia Wanita 2019 usai kalahkan Belanda. (REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas putri Amerika Serikat menjadi juara Piala Dunia Wanita 2019 setelah mengalahkan Belanda 2-0 di laga final di Stadion Lyon, Minggu (7/7).

Amerika Serikat mutlak menguasai permainan di babak pertama dengan penguasaan bola lebih dari 60 persen saat laga berjalan 20 menit.

Kendati demikian, pertahanan Belanda masih cukup solid dalam mematahkan setiap serangan Amerika Serikat. Termasuk upaya dari Julie Ertz di menit ke-28, Samantha Mewis (38'), Alex Morgan (40') seluruhnya gagal berbuah gol.


Di babak kedua intensitas permainan Amerika Serikat meningkat. Upaya Tim Negeri Paman Sam itu pun membuahkan hasil di menit ke-61.

Pada menit ke-59 wasit Stephanie Frappart menggunakan VAR (video assistant referee) guna memastikan pelanggaran yang terjadi di kotak penalti Belanda. Usai meninjau VAR, Frappart menunjuk titik putih untuk memberikan penalti kepada Amerika Serikat sekaligus kartu kuning kepada bek Belanda Stefani van der Gragt.

Amerika Serikat vs Belanda tanpa gol di babak pertama.Amerika Serikat vs Belanda tanpa gol di babak pertama. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Megan Rapinoe yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan Amerika Serikat untuk unggul lebih dahulu. Tendangan penalti kaki kanan Rapinoe ke arah kiri mengecoh kiper Sari van Veenendaal yangtidak bergerak dari posisinya.

Berselang delapan menit dari gol pertama, Amerika Serikat menambah keunggulan menjadi 2-0 di pertengahan babak kedua berkat sepakan kaki kiri Rose Lavelle di menit ke-69.

Rose Lavelle menggandakan keunggulan Amerika Serikat.Rose Lavelle menggandakan keunggulan Amerika Serikat. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Gol Lavelle bermula dari serangan balik Belanda yang bisa dipatahkan Amerika Serikat. Bola lalu dioper kepada Julie Ertz yang langsung diberikan ke Lavelle.

Dengan kualitas individunya Lavelle menggiring bola hingga masuk kotak penalti lawan dan langsung melepaskan tembakan kaki kiri yang bersarang di sisi kiri gawang Belanda tanpa bisa terjaga dua bek dan kiper lawan.

Sejumlah peluang dimiliki Amerika Serikat dan Belanda. Tetapi tidak ada tambahan gol tercipta meski wasit Frappart memberikan tambahan waktu lima menit. Skor akhir tetap 2-0 untuk kemenangan Amerika Serikat atas Belanda.

Susunan Pemain:

Amerika Serikat: Alyssa Naeher; Kelley O Hara, Abby Dahlkemper, Becky Sauerbrunn, Crystal Dunn; Samantha Mewis, Julie Ertz, Rose Lavelle; Tobin Heath, Alex Morgan, Megan Rapinoe.

Belanda: Sari van Veenendaal; Desiree van Lunteren, Anouk Dekker, Stefanie van der Gragt, Dominique Bloodworth; Jackie Groenen, Danille van de Donk, Sherida Spitse; Lineth Beerensteyn, Vivianne Miedema, Lieke Martens. (sry/sry)


BACA JUGA