Rossi: Saya Melambat Bukan Karena Usia

CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 09:19 WIB
Rossi: Saya Melambat Bukan Karena Usia Valentino Rossi membantah melambat di MotoGP karena berusia 40 tahun. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Yamaha Valentino Rossi membantah kritik yang menyebut dirinya makin melambat di MotoGP karena berusia 40 tahun usai finis di posisi kedelapan di MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7).

Rossi kembali gagal tampil maksimal di MotoGP Jerman yang menjadi penutup putaran pertama MotoGP 2019. Start dari posisi ke-11, The Doctor hanya bisa finis di peringkat kedelapan.

Hasil MotoGP Jerman 2019 jauh lebih buruk dibandingkan dengan musim lalu saat ia menempati posisi kedua. Bahkan, di musim ini Rossi lebih lambat 20 detik dari MotoGP Jerman 2018.


Kritik muncul usai balapan. Rossi dinilai lebih baik mundur dari ajang MotoGP dan pensiun karena usianya yang tidak lagi muda. Namun dalam konferensi pers usai balapan, pebalap 40 tahun itu membantah.

"Tahun lalu MotoGP Jerman adalah yang terbaik selama semusim, [setelah] saya meraih empat podium. Hari ini, saya 20 detik lebih lambat dari 2018," ujar Rossi dikutip dari Sportal.

Posisi Valentino Rossi di klasemen sementara MotoGP 2019 kini disalip Maverick Vinales.Posisi Valentino Rossi di klasemen sementara MotoGP 2019 kini disalip Maverick Vinales. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)
"Saya tahu saya sudah tua, tetapi tahun lalu saya hanya lebih muda 12 bulan [dari tahun ini]. Jadi usia bukanlah alasan utama untuk 20 detik lebih lambat," Rossi menambahkan.

Dalam kesempatan itu Rossi juga menegaskan tidak akan menyerah dengan kesulitan di MotoGP musim ini. Rossi hanya merasa tidak puas karena sejumlah kendala.

Rossi: Saya Melambat Bukan Karena Usia
Mulai dari penggunaan ban yang tidak cocok sehingga kurangnya cengkraman di lintasan, sampai kepada tidak mencapai kecepatan yang diinginkan.

"Karena terakhir kali kami berada di sini, saya sangat kompetitif. Dari Le Mans ke Sachsenring saya memiliki performa yang bagus. Tahun ini jauh lebih sulit, jadi kita harus punya pengertian yang lebih baik," ucap Rossi.

Menurunnya performa Rossi di lintasan membuat posisi The Doctor terus melorot di klasemen sementara MotoGP 2019. Kini, Rossi berada di peringkat keenam dengan 80 poin setelah disalip rekan setimnya Maverick Vinales yang ada di posisi kelima dengan 85 poin. (sry/ptr)