Meksiko Juara Piala Emas 2019

CNN Indonesia | Senin, 08/07/2019 10:13 WIB
Timnas Meksiko keluar sebagai juara Piala Emas 2019 setelah mengalahkan timnas Amerika Serikat 1-0 pada final di Stadion Soldier Field, Chicago, Senin (8/7). Timnas Meksiko juara Piala Emas 2019 usai mengalahkan timnas Amerika Serikat. (Mike DiNovo-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Meksiko keluar sebagai juara Piala Emas 2019 setelah mengalahkan timnas Amerika Serikat 1-0 pada final di Stadion Soldier Field, Chicago, Senin (8/7) WIB.

AS yang berstatus sebagai tuan rumah turnamen bermain agresif sejak wasit meniup peluit tanda babak pertama dimulai. Dua peluang pun sudah hadir melalui Jozy Altidore di awal babak pertama tetapi belum berhasil menggetarkan gawang lawan.

Meksiko bereaksi terhadap tekanan yang diberikan AS. Dua peluang itu datang dari Jesus Gallardo dan Jonathan do Santos di pertengahan babak pertama tetapi juga belum bisa membobol gawang lawan. Skor tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.


Di babak kedua, pertandingan antara kedua tim masih berjalan alot. The Yanks, julukan AS, coba mengandalkan kecepatan Christian Pulisic untuk menggedor pertahanan Meksiko yang tampil solid di laga ini.

Meksiko Juara Piala Emas 2019Amerika Serikat gagal mempertahankan gelar yang mereka raih dua tahun lalu. (Mike DiNovo-USA TODAY Sports)
Winger anyar Chelsea itu pun sempat dapat satu peluang di awal babak kedua tetapi tendangannya masih menyamping di gawang Ochoa. Terus menekan, gawang AS malah kebobolan gara-gara gol Dos Santos.

Umpan tumit Raul Jimenez bisa dimaksimalkan do Santos dengan tendangan keras yang menggetarkan gawang Zack Steffen pada menit ke-73. Tertinggal 0-1, AS berupaya membalas dan peluang tercipta melalui sundulan Matt Miazga pada menit ke-78 yang masih menyamping dari gawang. 

Setelah itu, AS terus menekan namun tetap tidak mampu membobol gawang Meksiko hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua.

Meksiko Juara Piala Emas 2019
Hasil ini membuat Meksiko meraih gelar kedelapan dalam turnamen yang diikuti anggota CONCACAF ini. Tujuh gelar sebelumnya diraih pada 1993, 1996, 1998, 2003, 2009, 2011, dan 2015.

Sementara itu bagi AS kekalahan ini membuat mereka gagal mempertahankan gelar yang diraih dua tahun lalu. Di Piala Emas 2017, AS mengalahkan Jamaika 2-1.

Susunan pemain

Meksiko (4-3-3): Guillermo Ochoa; Luis Rodriguez, Carlos Salcedo, Hector Moreno, Jesus Gallardo; Jonathan dos Santos, Edson Alvarez, Andres Guardado; Uriel Antuna, Raul Jimenez, Rodolfo Pizarro

Amerika Serikat (4-3-3): Zack Steffen; Reggie Cannon, Matt Miazga, Aaron Long, Tim Ream; Weston McKennie, Michael Bradley, Christian Pulisic; Jordan Morris, Jozy Altidore, Paul Arriola (jal/ptr)