Rossi Anggap Motor Yamaha Untungkan Vinales

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 06:04 WIB
Rossi Anggap Motor Yamaha Untungkan Vinales Valentino Rossi dan Maverick Vinales berduet di Yamaha sejak 2017. (KARIM JAAFAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi menilai motor Yamaha YZR-M1 yang disetel tim Yamaha saat ini memberi keuntungan pada Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Rossi kembali gagal meraih hasil impresif pada lanjutan MotoGP 2019. Setelah meraih peringkat kelima pada balapan MotoGP Prancis, Rossi gagal finis dalam tiga balapan selanjutnya di MotoGP Italia hinga Belanda. Pada akhir pekan lalu, Rossi mampu menyelesaikan balapan dengan menempati peringkat kedelapan.

Mantan juara dunia itu mengaku tidak paham alasan penurunan performa, namun hanya berkomentar setelan motor Yamaha saat ini tidak memberi keuntungan bagi dirinya.


"Saya tidak tahu jawabannya. Sepertinya motor butuh setelah lain selain 2018. Tapi bagi Franco [Morbidelli] bagi saya itu lebih sulit untuk menggunakan tipe seperti itu," ucap Rossi dikutip dari Speedweek.

Rossi Anggap Motor Yamaha Untungkan VinalesMaverick Vinales berhasil naik podium di MotoGP Belanda dan MotoGP Jerman. (Tobias SCHWARZ / AFP)
"Maverick dan Quartararo, di sisi lain, sangat kuat. Kami membutuhkan solusi untuk membuat Motor M1 menjadi 'motor kami' lagi," sambung The Doctor.

Saat Rossi kesusahan untuk menampilkan performa terbaik, Vinales justru mampu naik podium dalam dua balapan terakhir. Setelah menjadi juara MotoGP Belanda, Vinales menempati peringkat kedua di MotoGP Jerman.

Rossi Anggap Motor Yamaha Untungkan Vinales
Di klasemen pebalap, Vinales pun sudah menyalip Rossi. Kini Vinales mengumpulkan 85 poin dan berada di peringkat kelima, sementara Rossi tertinggal lima poin dan berada di peringkat keenam.

Sementara Quartararo yang sempat naik podium pada MotoGP Catalunya dan MotoGP Belanda masih berada di peringkat kedelapan dengan 67 poin. Morbidelli menjadi pebalap Yamaha dengan poin terendah di klasemen. Dari sembilan balapan, Morbidelli baru mengumpulkan 52 poin dan menempati peringkat ke-11.


Sedangkan dalam klasemen pabrikan, Yamaha berada di peringkat ketiga di bawah Honda dan Ducati. Untuk klasemen tim, Monster Energy Yamaha yang diperkuat Rossi dan Vinales juga menempati peringkat ketiga dibawah Mission Winnow Ducati dan Repsol Honda. (nva/jun)