ANALISIS

Persib Wajib Terima Kasih kepada Matos dan Novri

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 19:43 WIB
Persib Wajib Terima Kasih kepada Matos dan Novri Bruno Matos dan Novri Setiawan tampil di bawah performa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persib Bandung terbilang beruntung bisa meraih satu poin usai menahan imbang Persija Jakarta dengan skor 1-1 dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/7).

Maung Bandung patut bersyukur bisa pulang dengan satu poin setelah menghadapi gempuran bertubi-tubi hampir di sepanjang laga. Namun, aksi individu berlebihan Bruno Matos dan kartu merah Novri Setiawan menodai performa apik Macan Kemayoran.

Kali ini, Bruno Matos tak layak menyandang status playmaker ideal bagi Persija. Ia lebih sering memaksa diri untuk mencetak gol ketimbang menjalankan tugas utama sebagai pemberi umpan.


Gelandang asal Brasil itu tercatat memiliki empat peluang emas yang berujung hampa. Satu di antaranya berhasil diblok sementara tiga kans lainnya melenceng di luar target.

Bomber Persija Marko Simic beberapa kali menunjukkan kekesalannya pada Bruno Matos yang tampil egois kali ini. Begitu juga dengan Yogi Rahadian yang diturunkan sejak menit awal.

Marko Simic sempat kesal dengan keegoisan Bruno Matos.Marko Simic sempat kesal dengan keegoisan Bruno Matos. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Simic bahkan tak bisa menyembunyikan kekesalannya di menit ke-29. Bruno yang lolos dari kawalan dan menembus sisi kiri kotak penalti malah melepaskan tembakan dari sudut sempit meski ruang tembaknya tertutup kiper M. Natshir.

Padahal, Simic sudah membuka ruang di sisi kanan dan tak terkawal. Pemain jebolan Dinamo Zagreb itu mengangkat tangan sambil mengumpat karena tembakan Bruno melenceng jauh dari sasaran.

Sebelumnya, Bruno Matos juga gagal memanfaatkan umpan matang Yogi Rahadian di depan gawang. Sontekan kaki kirinya malah menyebabkan bola melambung di atas mistar. Kegagalan yang tak pantas dilakukan pemain yang dibekali teknik individu di atas rata-rata.

Yogi Rahadian (kanan) tampil lumayan di laga Persija vs Persib.Yogi Rahadian (kanan) tampil lumayan di laga Persija vs Persib. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Penampilan buruk Bruno Matos diperparah dengan cedera pangkal paha yang dialami di menit ke-62. Cedera ini terjadi karena kesalahannya sendiri.

Tumpuan kaki Bruno tidak tepat ketika berupaya menyambut umpan pendek Riko Simanjuntak. Persija mungkin bisa unggul lebih cepat jika Bruno Matos tidak egois.

Persib Wajib Terima Kasih kepada Matos dan Novri
Persija layak berterima kasih kepada Simic. Eks penggawa Melaka United itu berhasil membawa Persija unggul 1-0 di menit ke-75 lewat sundulan terukur memanfaatkan umpan sepak pojok Riko Simanjuntak.

Gelora Bung Karno pun bergemuruh. Motivasi skuat arahan Julio Banuelos makin meninggi setelah unggul. Namun, aksi tak terpuji Novri Setiawan di menit ke-76 jadi malapetaka.

Persib Bandung curi gol di menit-menit akhir.Persib Bandung curi gol di menit-menit akhir. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Wasit Fariq Hitaba melayangkan kartu merah kepada Novri Setiawan yang sengaja menendang bola kepada striker Persib Ezechiel N'Douassel. Aksi tak terpuji bagi pemain yang berstatus pemain Timnas Indonesia.

Novri tak bisa menahan emosi setelah terlibat duel dengan N'Douassel. Ia memutuskan untuk menendang bola ke arah N'Douassel yang berdiri tak jauh darinya.

Kehilangan satu pemain tentu menjadi kerugian besar bagi Persija. Kalah jumlah pemain membuat Persib berbalik menekan sekaligus memutus dominasi serangan tuan rumah.

Rohit Chand blunder di menit-menit akhir laga Persija vs Persib.Rohit Chand blunder di menit-menit akhir laga Persija vs Persib. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Hasilnya, Pangeran Biru berhasil menyamakan kedudukan di masa injury time, tepatnya di menit ke-91. Sebuah kemelut di depan gawang berhasil dimaksimalkan Artur Gevorkyan yang menyambar bola liar dari kaki Rohit Chand.

Gol Arthur di pengujung laga membuyarkan kemenangan Persija yang sudah berada di depan mata. Proses terjadinya gol juga terbilang beruntung karena diakibatkan kesalahan pemain lawan.

Persib bisa saja pulang dengan kepala tertunduk andai Bruno Matos tidak egois dan Novri Setiawan bisa menahan emosi. Namun, penampilan buruk keduanya justru merugikan tim sendiri.

Tanpa mengurangi hormat terhadap perjuangan keras Maung Bandung, hasil imbang di markas Persija terjadi berkat keberuntungan. Terlebih skuat arahan Robert Rene Alberts hanya memiliki dua on target termasuk gol Artur.

Raihan satu poin tak membawa perubahan signifikan di daftar klasemen. Persib kini berada di peringkat ke-12 dengan koleksi tujuh poin atau unggul satu angka dari milik Persija yang berada satu tingkat di bawahnya. (har)