Kapten Persib Puji The Jakmania

CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 20:55 WIB
Kapten Persib Puji The Jakmania Persib bermain di hadapan Jakmania. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapten Persib Bandung Supardi Nasir tidak memiliki pandangan negatif terhadap suporter Persija Jakarta yang memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (10/7), ketika dua klub bertanding dalam lanjutan Liga 1 2019.

Tidak hanya bermain melawan pemain Persija, para pemain Persib juga menghadapi tekanan suporter tuan rumah yang menyesaki tribune SUGBK.

Bahkan pelatih Persib Robert Rene Alberts mengaku kehadiran puluhan ribu Jakmania sempat mengganggu mental anak asuhnya pada awal pertandingan.


Terlepas dari pandangan Alberts, Jakmania mendapat apresiasi dari Supardi. Pemain yang menempati posisi bek kanan itu bersyukur kedatangan Persib ke Jakarta tidak berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapten Persib Puji JakmaniaJakmania memenuhi SUGBK ketika Persija menjamu Persib. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Alhamdulillah, selama di sini Alhamdulillah tidak ada hal yang kita takutkan," ucap Supardi pada konferensi pers setelah laga.

Mantan pemain Timnas Indonesia itu menilai Jakmania mampu menjaga kesantunan sehingga dapat mendukung keamanan.

Kapten Persib Puji Jakmania
"The Jak orangnya baik kok. Dan pemain selama di sini pengamanan luar biasa, Jakmania sebenarnya tidak masalah, buktinya kami keluar tidak ada masalah dan baik-baik saja," tutur Supardi.

"Pada 2016 lalu kami pernah di sini waktu final dan tidak ada yang kami takutkan, kalau pemain tidak ada masalah. Di lapangan juga begitu," sambung salah satu pemain senior Persib tersebut.

Supardi berharap laga Persib melawan Persija pada putaran kedua juga dapat berjalan lancar tanpa gangguan. Lebih lanjut mantan pemain Sriwijaya, Pelita Jaya, dan PSMS Medan itu ingin suporter tak lagi terpisah dalam perbedaan.

"Untuk putaran kedua pengamanan di Bandung insyaallah lebih dari ini. Bukan berarti di sini kurang, tetapi di sana harus lebih baik. Saya yakin pemain akan dikawal. Seperti yang saya bilang kemarin, Jakmania dan Bobotoh bersatulah demi bangsa," kata Supardi. (ttf/jun)