AS Juara Piala Dunia Wanita, Rapinoe Dijagokan Jadi Presiden

CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 05:53 WIB
AS Juara Piala Dunia Wanita, Rapinoe Dijagokan Jadi Presiden Megan Rapinoe dijagokan jadi Presiden AS usai menang Piala Dunia Wanita 2019. (REUTERS/Andrew Kelly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Amerika Serikat (AS) juara Piala Dunia Wanita 2019, nama Megan Rapinoe semakin populer terutama di antara para fan sepak bola kaum wanita.

Saking populernya, wakil kapten timnas wanita AS itu bahkan dijagokan untuk maju menjadi Presiden Amerika Serikat. Pencalonannya ramai setelah Rapinoe mengkritik keras kebijakan Presiden AS Donald Trump terutama terkait kebijakannya yang diskriminatif terhadap kelompok marginal.

Baru-baru ini Lembaga Survei Resmi AS melakukan polling tentang peluang Trump dan Rapinoe menjadi calon presiden di pemilihan presiden ke depan.


Hasilnya, Rapinoe meraih 42 persen, mengalahkan Trump yang mendapat suara 41 persen. Polling dilakukan dengan menelepon sejumlah responden berdasarkan sampel yang dilakukan secara acak.
AS Juara Piala Dunia Wanita, Rapinoe Dijagokan Jadi PresidenMegan Rapinoe dan kawan-kawan merayakan juara Piala Dunia Wanita 2019. (REUTERS/Mike Segar)
Saat perayaan juara timnas wanita AS, Rapinoe menanggapi pertanyaan soal dirinya justru lebih dijagokan untuk maju di pemilihan presiden ketimbang sang petahana, Trump.

"Tak ada yang lebih membanggakan dibandingkan menjadi wakil kapten tim ini bersama Carli [Lloyd] dan Alex [Morgan]. Ini kehormatan yang luar biasa memimpin tim bertanding di lapangan."

"Tidak ada lagi tempat lain yang lebih baik dan saya inginkan. Bahkan di level persaingan pemilihan presiden. Saya terlalu sibuk, mohon maaf," kata Rapinoe.

Rapinoe yang bangga sebagai lesbi selalu menjadi salah satu pengkritik Trump yang dianggap seksisme dan misoginis bagi kaum wanita.

AS Juara Piala Dunia Wanita, Rapinoe Dijagokan Jadi Presiden
Dia juga terang-terangan tak akan pernah mau diundang Trump ke Gedung Putih demi sikapnya tersebut.

Kepada CNN, Trump juga kembali melontarkan kecaman kepada Trump yang dinilainya anti terhadap kaum marginal.

"Pesan Anda [Trump] menyingkirkan rakyat. Anda menyingkirkan saya, orang-orang macam saya, Anda mengucilkan orang-orang kulit berwarna, Anda mengucilkan orang-orang Amerika yang mungkin saja mendukung Anda," ujar Rapinoe. (bac/jun)


BACA JUGA