Rivaldo: Tanpa Liga Champions, Messi Layak Raih Ballon d'Or

CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 03:38 WIB
Rivaldo: Tanpa Liga Champions, Messi Layak Raih Ballon d'Or Lionel Messi tetap layak meraih penghargaan Ballon d'Or tanpa gelar Liga Champions. (JOSE JORDAN/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda timnas Brasil dan Barcelona, Rivaldo menegaskan Lionel Messi tetap layak meraih penghargaan Ballon d'Or 2019 meski gagal di Liga Champions.

Messi menjalani musim yang gemilang bersama Barca dengan koleksi 51 gol di semua ajang dan berhak atas Sepatu Emas Eropa. La Pulga juga punya kontribusi besar membawa Barca juara La Liga 2018/2019.

Namun, Messi dan kawan-kawan kembali gagal mempersembahkan gelar Liga Champions dan harus mengakui kebangkitan Liverpool. Blaugrana juga harus melepas gelar Copa del Rey usai ditekuk Valencia.


Kegagalan Messi berlanjut di ajang internasional. Timnas Argentina Argentina gagal melaju ke final Copa America 2019 dan harus menerima kenyataan pahit mendapatkan kartu merah pada perebutan tempat ketiga saat Argentina melawan Chile.

Lionel Messi gagal bawa Argentina juara di Copa America 2019.Lionel Messi gagal bawa Argentina juara di Copa America 2019. (REUTERS/Ueslei Marcelino)
Pemain jebolan La Masia itu juga mendapat kritik pedas atas tuduhan korupsi yang dialamatkan kepada pihak CONMEBOL. Pernyataan kontroversial itu muncul setelah Argentina kalah 0-2 dari Argentina.

Kendati demikian, Rivaldo tetap yakin Messi layak dianugerahi Ballon d'Or untuk kali keenam. Messi telah mencetak banyak gol penting meski hanya meraih satu gelar.

Rivaldo: Tanpa Liga Champions, Messi Layak Raih Ballon d'Or
"Menurut saya, Ballon d'Or tahun ini milik Messi atas performa yang dibuatnya. Dia gagal memenangkan Liga Champions, tetapi karena ini penghargaan individu maka Messi layak menang setelah mencetak banyak gol-gol penting."

Rivaldo juga bicara soal peluang Cristiano Ronaldo yang selama ini jadi rival Messi. Keduanya sama-sama sudah mengoleksi lima trofi Ballon d'Or secara bergantian sejak 2008 sebelum Luka Modric memutus 'langganan' pemenang pada tahun 2018.

Cristiano Ronaldo juga punya peluang untuk raih Ballon d'Or 2019.Cristiano Ronaldo juga punya peluang untuk raih Ballon d'Or 2019. (REUTERS/Massimo Pinca)
Rivaldo pun memuji duo superstar tersebut yang selalu jadi inspirasi bagi setiap tim yang dibelanya.

"Messi selalu membuat perbedaan di Barcelona sementara Ronaldo di Juventus dan tim nasional Portugal. Ini akan mendebarkan lagi," kata Rivaldo seperti dikutip Sportskeeda.

"Ketika Anda berbicara tentang mereka maka akan membahas sesuatu yang bagus karena keduanya mencetak begitu banyak gol."

Selain Messi dan Ronaldo, kandidat lain yang berpeluang untuk mendapatkan Ballon d'Or 2019 datang dari pemain liverpool. Mereka adalah Virgil van Dijk, Mohamed Salah, dan Sadio Mane. (mcf/jun)