Aljazair ke Semifinal Piala Afrika, Fan Jarah Toko di Paris

CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 13:49 WIB
Aljazair ke Semifinal Piala Afrika, Fan Jarah Toko di Paris Timnas Aljazair melangkah ke semifinal Piala Afrika 2019. (REUTERS/Suhaib Salem)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua toko dekat Champs Elysees, Paris, Prancis, dijarah di sela-sela perayaan kelolosan Aljazair ke semifinal Piala Afrika 2019 usai mengalahkan Pantai Gading, Kamis (11/7) malam waktu setempat.

Ribuan orang berkumpul di salah satu objek tenar di ibu kota Negeri Mode tersebut setelah Aljazair menundukkan Pantai Gading melalui adu penalti.

Dilansir dari AFP di saat perayaan kemenangan ada sebagian kelompok yang justru merusak dua toko, termasuk toko sepeda motor.


Belasan orang mengambil barang dari toko tersebut, seperti helm, sarung tangan, juga sepeda motor. Polisi kemudian segera membubarkan massa dengan menggunakan gas air mata, dan satu orang segera diamankan.
Aljazair ke Semifinal Piala Afrika, Fan Jarah Toko di ParisIlustrasi perayaan kemenangan fan sepak bola di Champ Elysees. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Champs Elysees menjadi salah satu lokasi yang memiliki kaitan erat dengan perayaan kemenangan tim sepak bola. Fan dari berbagai kesebelasan kerap merayakan kemenangan di tempat yang dikenal sebagai jalan terindah di dunia itu.

Sementara gas air mata juga digunakan untuk mengendalikan kerumunan pendukung Aljazair yang berkumpul di Pelabuhan Marseille untuk merayakan kemenangan.

Aljazair ke Semifinal Piala Afrika, Fan Jarah Toko di Paris
Aljazair masuk ke semifinal Piala Afrika untuk kali pertama sejak 2010. Setelah menjadi juara Piala Afrika 1990, kesebelasan negara asal Afrika Utara baru sekali menembus fase empat besar yakni pada 2010.

Dalam laga perempat final yang berlangsung di Stadion Suez, Mesir, Kamis (11/7) petang waktu setempat, Aljazair unggul lebih dulu berkat gol Sofiane Feghouli pada menit ke-20. Pantai Gading kemudian menyamakan skor pada menit ke-62 melalui Jonathan Kodjia.

Skor 1-1 bertahan hingga 120 menit dan kesebelasan Rubah Gurun baru bisa memastikan kemenangan melalui babak adu penalti. Dalam babak tos-tosan tersebut Aljazair menang 4-3.

Pada babak semifinal, Aljazair akan menghadapi Nigeria yang mengalahkan Afrika Selatan pada babak perempat final dengan skor 2-1. (mcf)


BACA JUGA