Presiden Brasil Sebut Kritikan Messi Sekadar Pertunjukan

CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 05:00 WIB
Presiden Brasil Sebut Kritikan Messi Sekadar Pertunjukan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menilai kritikan Messi terhadap Copa America 2019 sekadar pertunjukan. (REUTERS/Adriano Machado)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, menyebut kritik Lionel Messi di Copa America 2019 sekadar bagian dari pertunjukan di sepak bola.

Sebelumnya, bintang timnas Argentina itu melontarkan tudingan bahwa Copa Amerika 2019 sudah diatur sedemikian rupa agar Brasil selaku tuan rumah menjadi juara turnamen itu.

Pernyataan itu dikemukakan Messi usai Tim Tango kalah 0-2 dari Brasil pada laga semifinal di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, 2 Juli.


Messi merasa tidak puas dengan keputusan sang pengadil lapangan karena seharusnya Argentina mendapatkan hadiah penalti pada laga tersebut.

Lionel Messi menuding Copa America 2019 direkayasa untuk memenangkan timnas Brasil. (Lionel Messi menuding Copa America 2019 direkayasa untuk memenangkan timnas Brasil. (Foto: REUTERS/Amanda Perobelli)
Sang bintang lantas menuding Tim Samba sengaja dipersiapkan menjadi juara di Copa America. Brasil sendiri menjadi juara turnamen itu setelah mengalahkan Peru 3-1 di laga final.

"Kami tidak harus jadi bagian dari korupsi ini. Mereka tak menunjukkan rasa hormat yang sepantasnya kepada kami sepanjang turnamen ini," ujar Messi dilansir Reuters.

"Menyedihkannya, korupsi, wasit, mereka tidak membiarkan orang-orang menikmati sepak bola. Mereka sedikit merusaknya."

Presiden Brasil Sebut Kritikan Messi Sekadar Pertunjukan
Pihak CONMEBOL sendiri sudah menepis tidungan Messi dan berencana mengambil langkah selanjutnya terkait pernyataan kontroversial sang pemain. Belakangan, Bolsonaro ikut mengomentari pernyataan La Pulga.

"Apa yang dikatakan Messi? Ah tentu saja, itu sekadar bagian dari pertunjukan dari pesepakbola," kata Bolsonaro dikutip dari Marca.

Bolsonaro sendiri yakin kesuksesan Selecao merupakan hasil kerja keras para pemain di lapangan. Kemenangan itu dinilai tak ada kaitannya dengan CONMEBOL. (bac/ptr)