Mourinho Kursus Bahasa Jerman Bersiap ke Klub Bundesliga

CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 19:06 WIB
Mourinho Kursus Bahasa Jerman Bersiap ke Klub Bundesliga Mourinho mengaku tengah belajar bahasa Jerman dan disebut bersiap merapat ke klub Bundesliga Jerman. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jose Mourinho memberikan keterangan mengenai masa depan kepelatihannya. Mou telah mengungkapkan bahwa dia sedang kursus bahasa Jerman.

Pernyataan itu menjawab pertanyaan seputar karier kepelatihan berikutnya usai dari Manchester United.

Mourinho dipecat dari MU pada Desember 2018, setelah dua setengah tahun menakhodai Setan Merah.


The Special One sempat dikaitkan oleh sejumlah klub besar seperti, Juventus, Newcastle, Benfica, Paris Saint-Germain, hingga klub Liga China, Guangzhou Evergrande. Namun isu tersebut tidak terwujud.

Mourinho Kursus Bahasa Jerman Bersiap ke Klub BundesligaMourinho disebut bersiap melatih klub Bundesliga Jerman. (SEBASTIEN BOZON / AFP)
Pasalnya, Mourinho masih belum memutuskan masa depannya. Pelatih asal Portugal itu memilih tak ingin terburu-buru untuk kembali melatih.

Selama masa istirahat dari kursi kepelatihan, ia telah menghabiskan waktu menjadi komentator di televisi, dan menambah pengetahuannya sebagai pelatih. Namun baru-baru ini ia mengungkapkan sedang belajar bahasa Jerman.

Hal tersebut disinyalir bahwa 'The Special One' akan segera menangani salah satu tim Bundesliga.

"Saat ini, saya sedang belajar bahasa Jerman. Bundesliga? Sekarang, aku belajar bahasa Jerman karena saya ketinggalan bahasa. Saya berbicara bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Prancis, dan Italia. Tapi saya tidak mengecualikan apa pun, bahkan Jerman," ujar Mourinho dikutip dari Manchester Evening News.

Mourinho Kursus Bahasa Jerman Bersiap ke Klub Bundesliga
Pelatih 56 tersebut juga menyatakan keinginannya untuk kembali bersaing memenangkan gelar sebagai juru taktik.

"Saya benar-benar merindukan sepak bola. Saya merindukan adrenalin, lapangan, pekerjaan saya. Sepak bola adalah sepak bola." ujarnya kepada Gazzetta dello Sport.

Mourinho telah memenangkan gelar liga di Liga Premier, La Liga, Serie A dan La Liga Spanyol. Ia belum pernah 'mencicipi' sukses di Bundesliga sepanjang kariernya. Mourinho pun disinyalir tertarik pada tantangan baru setelah mengalami musim yang buruk di Old Traffod.

Mourinho telah melatih Sporting Porto (2002-2004), Chelsea (2004-2007), Inter Milan (2008-2010), Real Madrid (2010-2013), kembali ke Chelsea (2013-2015), dan Manchester United (2016-2018). (mcf/bac)