Infrastruktur MotoGP Indonesia di NTB Dibangun Mulai Oktober

CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 15:50 WIB
Infrastruktur MotoGP Indonesia di NTB Dibangun Mulai Oktober MotoGP Indonesia 2021 akan digelar di Mandalika, NTB. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah optimistis pembangunan infrastruktur untuk ajang MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika akan selesai tepat waktu.

Indonesia mendapat kesempatan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2021 di Mandalika. Zulkieflimansyah mengatakan pihak Pemprov NTB akan memberikan dukung penuh agar MotoGP Indonesia di Mandalika berjalan lancar.

Pernyataan itu diungkapkan Zulkieflimansyah usai menghadiri rapat terbatas yang dipimpin Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo pada Senin (15/07) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.


"Jadi pembahasan rapat adalah untuk membahas kawasan pariwisata prioritas di NTB, yakni di Mandalika. Ini disebabkan kawasan Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP pada 2021 dan Pak Jokowi memastikan bahwa infrastruktur tahun depan akan selesai semua", ujar Zulkieflimansyah.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menghadiri ratas dengan Presiden Jokowi.Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menghadiri ratas dengan Presiden Jokowi. (Dok. Ist)
Zulkieflimansyah mengakui ada sejumlah kendala dalam rencana pembangunan infrastruktur pendukung ajang MotoGP Indonesia di Mandalika. Namun, kendala itu masih bisa diatasi Pemprov NTB.

"Kami dari pemprov NTB sudah mantap dari segi persiapan, ini adalah pintu masuk kami menjadi destinasi wisata kelas dunia seperti Bali. Saya akui masih ada sedikit kesulitan dari pengadaan tanah tapi ini masih dalam kendali dan bisa kami atasi," ucap Zulkieflimansyah.

Infrastruktur MotoGP Indonesia di NTB Dibangun Mulai Oktober
"Kami telah mensosialisasikan kepada masyarakat terkait Undang-Undang (UU) No 2 tahun 2012, tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum. Apa yang kami dirikan adalah untuk kepentingan umum maka harga tanah harus sesuai dengan harga pasar jadi tidak boleh terlalu tinggi diatas pasar", sambungnya.

Pembangunan infrastruktur di kawasan Mandalika dijadwalkan akan dimulai Oktober 2019. Zulkieflimansyah optimistis pembangunan akan selesai tahun depan sesuai keinginan Presiden Jokowi.

"Pembangunan Mandalika tahun depan harus sudah selesai dan Oktober tahun ini kami mulai proses. Sirkuit di Mandalika nanti tidak seperti sirkuit pada umumnya, jadi kami akan mendesain jalan raya untuk dijadikan sirkuit seperti di Singapura," ucap Zulkieflimansyah.

"Adanya MotoGP nantinya turis-turis lokal maupun mancanegara pasti semakin banyak yang berkunjung ke NTB. Di NTB sendiri saat ini juga sudah mempersiapkan fasilitas untuk turis-turis yang berkunjung ke NTB, semoga dengan pembangunan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat", ujarnya. (har/ptr)