Beto Tak Peduli Komentar Miring Soal Peluang Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 13:18 WIB
Beto Tak Peduli Komentar Miring Soal Peluang Timnas Indonesia Beto Goncalves saat memperkuat Timnas Indonesia U-23 melawan Thailand. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang Madura United, Beto Goncalves, tidak peduli dengan komentar-komentar miring terkait peluang Timnas Indonesia untuk lolos dari babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Beto yakin tim Merah Putih bakal sukses di kualifikasi. Untuk itu ia meminta agar masyarakat pecinta sepak bola tetap optimistis untuk Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia akan bertemu tiga tim dari Asia Tenggara pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tergabung di Grup G, Indonesia akan bertemu Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA).


Di laga pertama Indonesia dijadwalkan menjamu Malaysia pada 5 September mendatang. Lokasi pertandingan tersebut belum dapat dipastikan.

"Begini, orang bisa bicara apapun. Kita masing-masing punya mulut, tapi pemain punya pikiran positif. Ini [pikiran positif] yang paling penting," kata Beto kepada CNNIndonesia.com pada Kamis (18/7).

"Untuk yang bicara Indonesia tidak bisa lolos, itu urusan mereka. Meskipun kita pikir sulit dan bahkan sangat sulit, saya katakan bahwa pertandingan mulai dari nol. Kami punya waktu [persiapan] panjang, rasa percaya diri akan datang," katanya menambahkan.

Beto Sebut Indonesia di Grup Sulit Kualifikasi Piala DuniaBeto Goncalves tetap optimistis Timnas Indonesia sukses di kualifikasi Piala Dunia 2019. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah
Kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal berlangsung dengan sistem tanding kandang dan tandang. Timnas Indonesia bakal empat kali bertanding kandang dan empat kali bertanding tandang.

"Laga tandang akan berjalan sulit, tapi kepercayaan dan dukungan orang bisa mendorong kami mendapat poin di luar. Jadi apapun itu, pikir dengan positif. Yakin bisa untuk berbuat sesuatu," ucap Beto.

"Memang sulit tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, tapi banyak hal yang bisa terjadi. Tim kecil bisa menang lawan tim besar. Di Asian Games 2018, kami hampir bisa lolos [babak 16 besar]. Kalau saja ada 10 menit lagi, kami bisa lolos."

Beto Sebut Indonesia di Grup Sulit Kualifikasi Piala Dunia
Dalam Asian Games 2018, Timnas Indonesia tumbang dari UEA dalam drama adu penalti dengan skor 3-4 usai bermain imbang 2-2. Saat itu, lanjut Beto, para pemain Timnas Indonesia percaya diri dan yakin bisa.

"Sebelum pertandingan banyak yang bilang tidak mungkin. Tapi ketika pertandingan berjalan, pandangan itu perlahan berubah," kata dia.

Lebih lanjut, Beto mengatakan dengan keyakinan yang sama seperti Asian Games 2018, Timnas Indonesia bisa tampil baik dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. "Kalau pikiran pemain negatif, lebih baik tidak usah bermain," ujarnya kembali.

Beto sadar Grup G berisi tim kuat. UEA dalam Asian Games 2018, lanjutnya, bakal menjadi sebuah tim kuat yang berbeda di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini.

Pemain berusia 38 tersebut menilai UEA sangat kuat secara postur dan kepercayaan diri.

"Thailand, kita juga sudah tahu sepak bola mereka maju di Asia. Vietnam juga mulai naik sepak bolanya, kemarin menang di AFF. Mereka bagus, punya kualitas," tutur Beto.

"Malaysia? Ini buruk ya, pertemuan antara Indonesia lawan Malaysia juga selalu sulit. Tapi seperti coach Simon [McMenemy] bilang, 'Selalu fokus ke tim sendiri, apa yang dilakukan dalam sesi latihan, bawa ke lapangan. Yang penting kita percaya diri.'," tuturnya lagi.

Pemain Timnas Indonesia, lanjut Beto, harus bisa membawa strategi pelatih di dalam lapangan dan berkomitmen untuk bisa berbuat sesuatu dalam pertandingan.

"Kami harus percaya, semua mulai dari nol sehingga punya kesempatan yang sama. Kami punya kekuatan dan pemain berpengalaman, tinggal kerja keras dan minta dukungan masyarakat Indonesia untuk bisa lolos. Kami tahu sulit, tapi kami punya kesempatan untuk dicoba," ucap Beto. (map/nva)