Otoritas Pajak Spanyol Sita Bonus Neymar

CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 19:18 WIB
Otoritas Pajak Spanyol Sita Bonus Neymar Otoritas pajak Spanyol akan sita bonus Neymar di Barcelona.(REUTERS/Rahel Patrasso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas pajak di Spanyol akan menyita bonus Neymar dari perpanjangan kontrak dengan Barcelona terkait penyimpangan pajak yang terjadi di 2017.

Neymar direkrut Barcelona dari Santos pada Juli 2013. Setelah lima musim bermain untuk Blaugrana, Neymar pindah ke Paris Saint-Germain dengan status pemain termahal dunia lewat transfer 222 juta euro.

Sebelum pindah ke Ibu Kota Prancis, pada Oktober 2016 Neymar lebih dahulu memperpanjang kontrak dengan Barcelona hingga 2021 mendatang.


Dalam perpanjangan kontrak itu terdapat klausul bonus sebesar 26 juta euro. Tetapi, bonus itu tidak berlaku jika klausul pelepasan Neymar diaktifkan.

Sejumlah sumber melaporkan, Neymar juga tidak akan mendapatkan bonus tersebut jika bintang asal Brasil itu bernegosiasi dengan klub lain sebelum 31 Juli 2017.

Neymar bermain selama lima musim di Barcelona.Neymar bermain selama lima musim di Barcelona. (REUTERS/Sergio Perez)
Pembayaran itu juga bisa dilakukan pada 1 September 2017 saat bursa transfer ditutup. Tetapi pada kenyataannya, Neymar resmi menjadi pemain PSG pada 3 Agustus 2017.

Meski secara klausul Neymar tidak bisa lagi menerima bonus kontrak dari Barcelona, namun dikutip dari FOX Sports Asia berdasarkan laporan Marca, otoritas pajak Spanyol telah berbicara kepada pengadilan tenaga kerja di negara itu untuk menyita bonus 26 juta euro milik Neymar ditambah 9 juta euro lainnya.

Penyitaan itu dilakukan terkait utang pajak yang dimiliki Neymar saat bermain bersama Blaugrana.

Otoritas Pajak Spanyol Sita Bonus Neymar
Terkait bonus yang ditahan Barcelona itu Neymar sempat mengajukan tuntutan sebesar 30 juta euro kepada klub asal Catalonia tersebut.

Saat ini masa depan Neymar tengah suram di PSG. Pemain 27 tahun itu ingin pergi dari Les Parisiens dan tengah dikabarkan kembali ke Barcelona.

Beberapa sumber mengatakan Barcelona siap menerima Neymar jika pemain kelahiran Mogidas Cruzes itu mencabut tuntutannya terkait bonus. (sry/jun)