Klasemen Medali ASG 2019: Indonesia Tertinggal dari Thailand

CNN Indonesia | Jumat, 19/07/2019 20:59 WIB
Klasemen Medali ASG 2019: Indonesia Tertinggal dari Thailand Dewa Radika Syah sujud syukur usai meraih emas ASG 2019. (Dok. Kemenpora)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia bersaing ketat dengan Thailand pada hari pertama perolehan medali ASEAN School Games 2019 yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/7).

Indonesia mengakhiri hari pertama dengan berada di posisi dua perolehan medali sementara ASG 2019 dengan enam medali emas, tiga perak dan enam perunggu. Indonesia tertinggal dari Thailand yang mengoleksi enam emas, tujuh perak, dan delapan perunggu.

Cabang renang dan atletik sama-sama mempersembahkan tiga medali emas untuk Indonesia di hari pertama ASG 2019. Tiga medali emas dari renang dipersembahkan Adelia dari nomor 50 meter gaya dada putri, Farrel Armando Tang dari nomor 200 meter, dan 4x200 meter gaya bebas lewat Prada Hanan Farmadini, Angel Gabriella Yus, Fauziyyah Rahma, dan Febriana Wahyu Wijayanti.


Tiga medali emas dari cabang atletik diraih dari 400 meter putra lewat Dewa Radika Syah, lompat jauh puta melalui Ahmad Hambali Sukur, dan mix 4x100 meter lewat Adith Rico Pradana, Izrak Udjulu, Raden Roselin Fikananda, dan Erna Nuryanti.

Catatan tiga emas dari cabang renang meleset dari target awal. Sebelumnya, Indonesia menargetkan empat medali emas di hari pertama. Dari empat target yang dicanangkan di hari pertama, hanya Adelia yang mampu memenuhi target. Sementara tiga nomor yang seharusnya ditargetkan emas namun gagal adalah 50 meter gaya dada putra, 400 meter gaya bebas putra, 4x200 meter gaya putra.

Klasemen Medali ASG 2019: Indonesia Tertinggal dari ThailandAtlet renang putri Adelia mempersembahkan medali emas pertama Indonesia dari cabang renang di ASEAN School Games 2019. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Farrel, salah satu perenang yang mampu membalikkan prediksi target dari cabang renang, mengaku sempat merasakan beban. Meski tidak ditarget meraih emas, Farrel mengaku ingin membantu Indonesia memenuhi target empat emas.

Klasemen Medali ASG 2019: Indonesia Tertinggal dari Thailand
"Cukup puas ya atas hasil ini. Sebelumnya saya berharap capaian waktu saya bisa lebih cepat dari ini. Di awal saya kira ada rasa takut, tapi saya coba untuk rileks," ujar Farrel.

ASG 2019 yang diikuti 10 negara akan berlangsung hingga 25 Juli mendatang. Cabang atletik, tenis meja, dan tenis lapangan dilangsungkan di Stadion Tri Lomba Juang, bulutangkis di GOR Universitas Semarang, bola basket di GOR Sahabat, sepak takraw di GOR Unika Soegijapranata, renang di GOR Renang Jatidiri, bola voli indoor di GOR UIN Walisongo, dan pencak silat di Patra Hall and Convention Hotel. (har/jun)