Hasil Indonesia Open 2019: Ahsan/Hendra ke Final

CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 14:35 WIB
Hasil Indonesia Open 2019: Ahsan/Hendra ke Final Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi 17-21, 21-19, dan 21-17 pada babak semifinal Indonesia Open 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (20/7) siang WIB.

Pertandingan antara Ahsan/Hendra dan Hoki/Kobayashi berlangsung ketat. Kedua pasangan saling berupaya menekan lawan. Skor sempat imbang hingga 3-3.

Setelah itu pasangan Jepang melaju dan meninggalkan Ahsan/Hendra pada kedudukan 3-6. Margin tiga poin bertahan hingga skor 5-8. Usaha The Daddies mengejar keunggulan lawan terganjal pengembalian bola yang kurang akurat. Pada interval gim pertama, Ahsan/Hendra tertinggal 6-11.


Selepas jeda, Ahsan/Jeda sempat mendapat dua poin beruntun. Ketika Ahsan/Hendra menyentuh poin delapan, Hoki/Kobayashi kembali melakukan kombinasi serangan cepat dan penempatan bola di net yang jitu sehingga membuat pasangan tuan rumah sempat tertinggal tujuh angka.

Hasil Indonesia Open 2019: Ahsan/HendraMohammad Ahsan/Hendra Setiawan berjibaku menghadapi Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Ahsan/Hendra sempat menambah perolehan poin dan mempertipis jarak, namun pukulan-pukulan Ahsan yang kerap membentur net menjadi penghalang untuk meraih poin.

Upaya Ahsan/Hendra meredam laju perolehan poin lawan berlangsung hingga mencapai poin 17. Dalam waktu 16 menit, Ahsan/Hendra kalah 17-21 pada gim pertama.

Gim kedua diawali dengan keunggulan Ahsan/Hendra. Permainan menyerang dengan cepat yang dilakukan Hoki/Kobayashi coba diredam pasangan senior Indonesia tersebut.

Setelah memimpin 4-2, Ahsan/Hendra tidak bisa melepaskan diri dengan leluasa untuk membukukan keunggulan atas Hoki/Kobayashi yang terus menempel ketat. Pasangan nomor 15 dunia itu kemudian mengubah keadaan dengan menyalip poin Ahsan/Hendra setelah poin 8-8.

Hasil Indonesia Open 2019: Ahsan/Hendra

Tertinggal 10-11 pada interval pertama gim kedua, Ahsan/Hendra mencoba bangkit. Sempat unggul 12-11, pasangan nomor empat dunia itu kembali tertinggal 12-13. Namun situasi kembali berubah lantaran Ahsan/Hendra mampu meraih tiga poin secara beruntun.

Ketika Ahsan/Hendra unggul 17-14, Hoki/Kobayashi meraih tiga poin beruntun. Smes Hendra dan kesalahan Kobayashi membuat pasangan tuan rumah kembali unggul dua angka. Keunggulan berlanjut dengan netting dari Hendra.

Kesempatan menyudahi gim kedua ditunda dua kali oleh pasangan Jepang sebelum Ahsan/Hendra memastikan kemenangan 21-19.

Duel ketat kembali terjadi di gim ketiga. Susul menyusul poin seperti pada dua gim sebelumnya lagi-lagi dipertontonkan kedua pasangan.

Tertinggal di awal gim, Ahsan/Hendra meraih empat poin beruntun sehingga unggul 6-3. Hoki/Kobayashi sempat memperkecil ketertinggalan menjadi satu poin saja, setelah itu Ahsan/Hendra kembali menjauh menjadi 11-7.

Selepas jeda, Hoki/Kobayashi kembali mengejar. Sejak skor 12-11, keunggulan satu hingga dua poin terus terjadi. Poin sempat sama kuat 14.

Ahsan/Hendra kembali melanjutkan perolehan poin dan kembali menabung keunggulan tiga poin. Pasangan veteran Indonesia itu sempat unggul 20-16. Satu poin dari Hoki/Kobayashi tidak membuyarkan kemenangan Ahsan/Hendra 21-17.

Dalam laga final, Ahsan/Hendra akan berhadapan dengan pemenang antara Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan Li Junhui/Liu Yuchen yang akan berlangsung Sabtu (20/7) sore.

(nva/jal)