Hakim Garis Indonesia Open Pakai Busana Adat Jawa Tengah

CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 16:41 WIB
Hakim Garis Indonesia Open Pakai Busana Adat Jawa Tengah Hakim garis yang bertugas di Indonesia Open 2019 menggunakan busana adat Jawa Tengah. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemandangan tak biasa hadir di semifinal Indonesia Open 2019. Para hakim garis yang bertugas mengenakan surjan lurik, pakaian adat Jawa Tengah.

Tak hanya surjan lurik dengan motif garis-garis berwarna putih, biru, dan hitam tetapi juga dilengkapi dengan penutup kepala berupa belangkon dengan warna senada.

Seperti yang dikenakan Heri Darmansyah, hakim garis dengan lisensi A nasional asal Sumatera Selatan yang ditemui CNNIndonesia.com di luar arena pertandingan. Buat Heri, sebuah kebanggaan mengenakan salah satu pakaian adat Indonesia dalam turnamen bulutangkis level internasional sekelas Indonesia Open.


"Keren [pakai surjan lurik]. Mungkin karena kita negara yang majemuk, jadi ada ide menggunakan salah satu pakaian adat untuk dikenalkan ke seluruh dunia," kata Heri, Sabtu (20/7).

Hakim Garis Indonesia Open Pakai Busana Adat Jawa TengahPertandingan Indonesia Open 2019 berlangsung sejak Selasa (9/7). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dari lima hari pagelaran Indonesia Open 2019 yang berlangsung, hanya semifinal dan final baik wasit maupun hakim garis yang menggunakan kostum berbeda, bukan kaos seperti biasanya.

Menurut Heri, tak hanya pemain tapi penonton yang hadir di Istora Senayan juga terkejut dengan penampilan unik dari hakim garis yang bertugas.

Hakim Garis Indonesia Open Pakai Busana Adat Jawa Tengah
"Ini kan disorot langsung sama dunia. Walaupun hanya satu detik, tapi kan dunia jadi tahu. Ini juga tidak boleh dijual setelah turnamen, jadi kenang-kenangan. Apalagi ini warnanya unik, biru biasanya kan warna cokelat. Belangkonnya juga," ungkap Heri.

Sebenarnya, lanjut Heri, ini bukan kali pertama hakim garis dan wasit di Indonesia Open mengenakan baju adat daerah. Sebelum Surjan Lurik, di Indonesia Open sebelumnya hakim garis juga pernah mengenakan baju adat Bali lewat sentuhan kainnya.

"Ya selanjutnya kalau bisa pakai baju adat daerah lain. Misalnya dari adat Minang boleh. Jadi sekaligus kita kasih tahu dunia tentang budaya Indonesia yang majemuk ini," ungkapnya.

Sementara wasit yang bertugas pada babak semifinal Indonesia Open 2019 mengenakan kemeja batik berwarna merah. (ttf/jal)